Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 14:00 WIB

Mau Dibuka Nataru, Tol Japek Layang Gratis Sebulan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek Layang atau Japek elevated direncanakan dibuka saat libur natal dan tahun baru bulan depan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sebelum dioperasikan secara komersial, tol tersebut akan dibuka gratis 2-4 minggu.

"Ini masih dicari bagaimana atur tarifnya. Mungkin setelah diresmikan 2 minggu hingga sebulan (baru ada penetapan tarif)," kata Basuki saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Basuki bilang, penentuan tarif tol Japek layang masih digodok saat ini. Rencananya, akan ada perubahan tarif pada tol Japek eksisting saat tol ini dibuka.

"Nanti kita atur Golongan I aja yang naik. (Tarif) Ini masih dicari gimana atur tarifnya," kata Basuki.



Basuki mengaku akan menijau langsung ke lapangan sebelum tol tersebut dibuka saat libur Nataru Desember mendatang. Dia bilang, pihaknya sudah meminta laporan terakhir mengenai keadaan terakhir proyek dari operator.

"Pak Danis (Dirjen Cipta Karya) baru telpon project manager Japek. Tanggal 30 (November) ini saya akan cek," katanya.

Tol Japek Layang membentang sepanjang 36 kilometer di atas Tol Japek Eksisting. Proyek ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk sejak tahun 2017 dengan nilai kontrak Rp 13,53 triliun.



Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com