Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 17:45 WIB

Tarif Tol Jagorawi Mau Naik, Basuki: Perbaiki Dulu!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Sejumlah ruas tol akan mengalami penyesuaian tarif hingga akhir 2019. Salah satu yang sudah disesuaikan tarifnya adalah tol ruas Jakarta-Tangerang dan ruas Tangerang-Merak segmen Simpang Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa.

Tol Mojokerto-Kertosono menjadi jalan tol berikutnya yang tarifnya naik. Hal ini disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Ini tadi baru Mojokerto-Kertosono, iya (sudah ditandatangani)," ucap Basuki ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Selain Mojokerto-Kertosono, menurut Basuki masih ada Tol Jagorawi. Namun, dia masih menahan izin naik tarif karena ada proyek perbaikan yang masih berjalan di tol Jagorawi. Dia meminta proyek itu selesai semua baru memberikan tanda tangan persetujuan kenaikan tarif.

"Jagorawi itu saya tunggu selesai dulu. Dia kan lagi perbaikan itu dibongkar kan, setelah selesai baru saya tanda tangan," ucap Basuki.



Bahkan menurutnya dia sudah didatangi pihak Jasa Marga terkait persetujuan kenaikan tarif. Namun dia menegaskan proyek perbaikan harus selesai dahulu.

"Tadi orang Jasa Marga sempat ke meja saya, saya bilang no, perbaiki dulu, dicek pak Danang (Kepala BPJT) baru bisa," ucap Basuki.

Kenaikan tarif tol sendiri memang terjadi selama dua tahun sekali, hal ini pun diatur dalam UU 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Namun kenaikan akan tetap mempertimbangkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) tol yang terus dievaluasi.

Berdasarkan catatan detikcom, tol Jagorawi terakhir kali mengalami penyesuaian tarif pada Agustus 2017. Sedangkan Mojokerto-Kertosono baru beroperasi di akhir 2017.



Simak Video "Pengembalian Investasi, Tarif Tol Naik Akhir 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com