Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 13:34 WIB

Jelang Dibuka, Tol Japek Layang Dijajal Menteri PUPR

Anisa Indraini - detikFinance
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Anisa Indraini/detikcom Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Anisa Indraini/detikcom
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono siang ini menjajal Tol Jakarta-Cikampek Layang atau Japek elevated. Penjajalan dilakukan untuk memastikan kesiapan tol yang akan dibuka pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Berdasarkan pantauan detikcom, Basuki menjajal tol Japek elevated didampingi jajarannya di Kementerian PUPR. Ia memulai perjalanannya sekitar pukul 12.45 WIB dengan menggunakan mobil berplat RI 34.

Basuki menjajal tol layang ini saat dirinya ingin meninjau akses jalan ke pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.


Sebelumnya, Basuki bilang tol Japek Layang ini bisa dibuka saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dia menjelaskan saat dibuka kemungkinan tol akan gratis hingga sebulan.

"Ini masih dicari bagaimana atur tarifnya. Mungkin setelah diresmikan 2 minggu hingga sebulan (baru ada penetapan tarif)," kata Basuki saat ditemui di kantornya, Jumat (22/11/2019).

Perlu diketahui, dengan adanya tol layang ini diharapkan beban lalu lintas di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek yang saat ini sudah telalu padat dapat berkurang. Hal ini akan berdampak positif bagi perekonomian sekitar lantaran hambatan lalu lintas yang besar saat ini mengakibatkan pemborosan yang cukup besar. Terutama dari bahan bakar yang terbuang di tengah kemacetan.



Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com