Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 20:00 WIB

Jalan Akses Pelabuhan Patimban Sudah 55%, Bisa Rampung 2020?

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Anisa Indraini Foto: Anisa Indraini
Patimban - Progres pembangunan akses jalan pelabuhan Patimban saat ini mencapai angka 55,8%.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, akses jalan menuju pelabuhan Patimban ditargetkan bisa dilewati pada April 2020 mendatang.

"InsyaAllah April 2020 bisa selesai," ujar Basuki saat meninjau akses jalan pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Kamis (28/11/2019).
Basuki menjelaskan, pembangunan akses jalan terkendala dengan mundurnya pembebasan lahan.

"Lahannya seperti ini baru dibebaskan Agustus 2019. Yang lainnya juga sama saja baru bisa dibebaskan gitu ya. Tapi mungkin masih bisa dikejar," harapnya.

Namun saat ini, Basuki menyebut masalah pembebasan lahan sudah 100% selesai dan tinggal dieksekusi setelah pengadilan memberikan putusan.

"Lahan sudah bebas semua. Tinggal 2 tapi sudah dibayar LMAN (Lembaga Manajemen Aset Negara) tinggal eksekusi setelah pengadilan sudah memberikan putusan. intinya sudah nggak ada masalah karena tinggal 2 bidang itu," ujarnya.
Selain itu juga, kendala terjadi pada kurangnya tenaga kerja proyek. Untuk itu, bakal ada penambahan tenaga kerja agar pembangunan akses jalan pelabuhan Patimban bisa dipercepat.

"Tadi konsultan merekomendasikan harus ditambah resourcingnya. Mungkin ada hal-hal yang harus dikerjakan tapi nggak ada orangnya. Nah nanti ditambah orangnya supaya lebih menambah speed," pungkasnya.

Sebelumnya, salah satu kontraktor meminta perpanjangan waktu konstruksi. Namun, Basuki meminta agar pembangunan diselesaikan sesuai target yaitu pada April 2020 mendatang.

Jalan Akses Pelabuhan Patimban Sudah 55%, Bisa Rampung 2020?


Simak Video "SDA Jadi Fokus PUPR Dalam Pembangunan Infrastruktur 2019-2020 "
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com