Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 21:30 WIB

Tahap Pertama Proyek Pelabuhan Patimban Kelar Juni 2020

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Presiden Jokowi meninjau proyek Pelabuhan Patimban (Andhika-detikcom) Foto: Presiden Jokowi meninjau proyek Pelabuhan Patimban (Andhika-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai progres pembangunan Pelabuhan Patimban, di Kabupaten Subang, Jawa Barat sudah sesuai harapan. Untuk tahap pertama pelabuhan ini menelan investasi Rp 29 triliun.

Jokowi menargetkan proyek Pelabuhan Patimban tahap pertama rampung Juni 2020.

"Ya progresnya bagus dan kita harapkan yang tahapan pertama nih nanti akan kita selesaikan di bulan Juni tahun depan," kata Jokowi saat meninjau proyek, dikutip dari laman setkab.go.id, Jumat (29/11/2019).

Jokowi berharap Pelabuhan Patimban akan menjadi sebuah pelabuhan besar di tahun 2027. Jokowi mengatakan tahapan-tahapan pembangunan pelabuhan ini memang panjang.

Pada tahapan pertama, investasi yang diperlukan kurang lebih Rp 29 triliun, sedangkan totalnya bisa sampai Rp 50 triliun lebih pada 2027. Kawasan pickup area berada di lahan seluas 354 hektare (ha), dan kapasitasnya nanti bisa mencapai 7,5 juta TEUs

"Jadi ini secara keseluruhan ada 654 hektar, yang 300 hektar itu untuk peti kemas dan terminal kendaraan, memang ini nanti akan banyak yang untuk terminal kendaraan untuk ekspor mobil-mobil dari industri-industri otomotif kita. Memang gede sekali pelabuhan ini," tutur Jokowi.


Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Minta Notaris Tak Lagi Bawa Pulpen, Tapi Laptop"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com