Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong 11 Km

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 06 Des 2019 17:00 WIB
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup kunjungan kerjanya di Provinsi Banten dengan meresmikan Tol JORR II ruas Kunciran-Serpong yang terbentang sepanjang 11,13 kilometer (km).

"Sore hari ini, alhamdulillah untuk pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan," kata Jokowi di Gerbang Tol Parigi ruas Kunciran-Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (6/12/2019).

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan alasan pemerintah gencar membangun jalan tol. Pertama, Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan akan memperlancar arus transportasi dan logistik dari Banten menuju Jakarta dan sebaliknya.

"Saya sering mendengar keluhan orang yang bulak balik dari Banten ke Jakarta, katanya Pak kita ini bisa tua di jalan karena macet. Belum biaya yang kita keluarkan untuk BBM, padahal di era persaingan antar negara yang semakin sengit kecepatan akan sangat menentukan, yang cepat akan mengalahkan yang melambat," ujar dia.



Alasan kedua, kata Jokowi adalah jalan tol ruas Kunciran-Serpong akan menyambungkan sentra produksi dengan sentra distribusi. Ketiga, jalan tol ini akan mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyanggah perekonomian DKI Jakarta.

"Investasi di Jakarta bisa dikembangkan ke Banten karena konektivitas Jakarta-Banten semakin tersambung dan demikian ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat lagi, ini perlu dicatat Pak Gub, Bu Wali," ungkap dia.

Tidak panjang lebar, orang nomor satu di Indonesia ini pun langsung meresmikan jalan tol Kunciran-Serpong.

"Dengan mengucap bismilllah saya resmikan jalan tol Kunciran-Serpong," kata Jokowi.



Simak Video "Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)