Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Des 2019 19:06 WIB

Seksi 1 Tol Manado-Bitung Bakal Dibuka Fungsional saat Nataru

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Tol Manado-Bitung disebut belum siap untuk beroperasi. Namun sebagian dari tol sepanjang 39 km ini diusulkan bisa beroperasi fungsional saat natal dan tahun baru mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, pihaknya tidak merekomendasikan tol Manado-Bitung untuk masuk dalam tol yang diresmikan di akhir tahun ini. Namun sebagian bisa beroperasi fungsional.

"Manado-Bitung kami sendiri hanya merekomendasikan untuk fungsional yang seksi 1 bagian dari pemerintah. Kalau yang lain belum dan juga jaraknya pendek," tuturnya di Kuningan City, Jakarta, Senin (9/12/2019).



Jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang total 39 km. Jalan tol ini terbagi atas Seksi 1A Ring Road Manado-Sukur sepanjang 7 km, Seksi 1B Sukur-Air Madidi (7 km), Seksi 2A Air Madidi-Danowudu (11,50 km) dan Seksi 2B Danowudu-Bitung (13,50 km).

Sementara itu Danang memastikan tol Balikpapan-Samarinda (Balsa) masuk dalam daftar tol yang akan diresmikan Jokowi sebelum 25 Desember 2019.

"Balsam for sure bisa. Karena itu masuk program peresmian Pak Presiden, jadi sebelum tanggal 25 Desember 2019, kemungkinan sebelum tgl 20 Desember 2019," tutupnya.



Simak Video "Jokowi akan Hubungkan Tol Manado-Bitung ke 'Surga Tersembunyi'"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com