Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Des 2019 10:26 WIB

Bendungan Rp 700 M Dibangun di Ibu Kota Baru Tahun Depan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Tarakan - Bendungan Sepaku Semoi di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara bakal dibangun tahun depan. Proyek ini membutuhkan dana Rp 700 miliar.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Ditjen SDA Kementerian PUPR Anang Muchlis menjelaskan proyek bendungan akan dilelang bulan ini dan diharapkan dibangun pada Februari-Maret 2020.

"Kami di lokasi ibu kota negara (IKN) ada satu pembangunan Sepaku Semoi dananya 700 miliar ini akan dilelang kami upayakan akhir Desember tayang lelang," ujar Anang di Tarakan, Senin (16/12/2019).

Bendungan di IKN akan menjadi sumber air baku Kota Balikpapan sebesar 2.500 liter per detik. Sedangkan kapasitasnya mencapai 10 juta meter kubik.

"Kapasitas volume tampungannya 10 juta meter kubik," lanjut Anang.


Soal lahan, Anang mengatakan, tidak ada kendala yang berarti. Pasalnya masyarakat di calon ibu kota baru sangat mendukung pembangunan proyek ini.

"Lahan kebetulan kan daerah transmigrasi dari studi masyarakat sangat mendukung. Kita berani bersamaan berjalan," ujar Anang.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota negara Indonesia yang baru. Calon ibu kota berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanaegara Provinsi Kalimantan Timur.



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com