Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Des 2019 13:48 WIB

4 Bendungan Dibangun Demi Pasokan Air ke Ibu Kota Baru

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Lokasi Lahan Bendungan Sepaku/Foto: Dok. Kementerian PUPR Lokasi Lahan Bendungan Sepaku/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Tarakan - Empat bendungan akan dibangun di calon ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Keempat bendungan tersebut adalah, Bendungan Sepaku Semoi, Bendungan Batu Lepek, Bendungan Safiak, dan Bendungan Beruas.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Ditjen SDA Kementerian PUPR Anang Muchlis mengatakan, Bendungan Batu Lepek dibangun 40 kilometer (km) dari IKN. Kapasitas bendungan ini adalah 230 juta meter kubik.

"IKN akan bangun sendiri Bendungan Batu Lepek. Lokasi ke IKN 40 km dengan volume 230 juta meter kubik dari anak Sungai Mahakam," ujar Anang di Tarakan, Senin (16/12/2019).

Selain itu, ada Bendungan Sepaku Semoi yang dibangun tahun depan. Bendungan ini akan menjadi sumber air baku Kota Balikpapan sebesar 2.500 liter per detik. Sedangkan kapasitasnya mencapai 10 juta meter kubik.


"Kapasitas volume tampungannya 10 juta meter kubik," lanjut Anang.

Anang menambahkan, ada dua bendungan lagi yang rencananya dibangun untuk memenuhi kebutuhan air IKN. Pembangunan bendungan dilakukan untuk mengantisipasi bertambahnya kebutuhan air di IKN.

"Ada 2 lokasi lagi. Kalau IKN pindah dicukupi dari Batu Lepek dan nanti berkembang nanti masih ada dua bendungan, Bendungan Safiak dan Bendungan Beruas," tutur Anang.

Kedua bendungan tersebut akan dibangun di Kutai Kartanegara. Anang merinci, kapasitas Bendungan Safiak 22 juta meter kubik dan Bendungan Beruas 55 juta meter kubik.

"Bendungan Safiak kapasitas 22 juta meter kubik bisa diambil 725 liter per detik. Bendungan Beruas bisa volume 55 juta meter kubik bisa diambil 1.100 liter per detik," tambah Anang.



Simak Video "Ibu Kota Baru Akan Bersahabat dengan Air, Bukan Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com