Jokowi Cek Jalan Perbatasan RI-Malaysia di Krayan Besok

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rabu, 18 Des 2019 17:13 WIB
Jokowi Cek Jalan Perbatasan RI-Malaysia Besok/Foto: Ardan Adhi Candra
Nunukan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau progres pembangunan jalan akses perbatasan Kalimantan Utara, tepatnya di Kecamatan Krayan, kabupaten Nunukan. Jokowi akan meninjau jalan akses perbatasan ruas Long Bawan-Long Midang 10,7 kilometer (km).

"Besok ada rencana kunjungan presiden kebetulan kami sudah di sini ya sudah ada hampir 3 hari," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di Krayan, Rabu (18/12/2019).

Sugiyartanto mengatakan progres pembangunan jalan akses perbatasan sudah mencapai 90%. Proyek jalan yang terbagi menjadi dua seksi ditargetkan rampung tahun ini.

"Dua seksi sudah 90%-an lah. Ini kan tinggal 12 hari selesai," ujarnya.


detikcom menyusuri jalan akses perbatasan Long Bawan-Long Midang. Kondisi jalan akses tersebut sudah nyaman dilalui. Namun masih ada beberapa titik yang masih berupa tanah dan licin jika hujan.

Pekerjaan proyek jelang kedatangan Jokowi juga terus dikebut siang malam demi mengejar target. Alat besar lalu lalang di sepanjang proyek jalan begitu juga dengan para pekerjanya.

Meski proyek pengerjaan jalan masih berlangsung, mobil dan motor masih bisa melalui daerah tersebut. Aktivitas masyarakat tidak terhambat dengan adanya proyek tersebut.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, total jalan perbatasan di Kalimantan Utara mencapai 966,59 km yang terdiri dari paralel perbatasan 614,55 km dan akses perbatasan 352,04 km. Total jalan yang sudah terbuka 966,59 km, belum terbuka 80,08 km, dan relokasi 123,62 km.

Adapun alokasi anggaran untuk proyek ini di tahun anggaran (TA) 2019 sebesar Rp 773,2 miliar.



Simak Video "Konflik Tigray Picu Gelombang Pengungsi Ethiopia di Sudan"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/fdl)