Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Des 2019 16:20 WIB

Bikin Tol Layang Japek Macet, Lajur Tol Cipali Bakal Diperlebar

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Penampakan macet di Tol Layang Cikampek (Gusti Alhaki-detikcom)
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan diperlebar. Itu untuk mengantisipasi tingginya traffic di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) setelah adanya Tol Japek II atau Tol Layang Japek.

Basuki menjelaskan bahwa di Tol Japek mengarah ke Cipali terdapat 3 lajur di bawah dan 2 lajur di atas. Begitu masuk ke Tol Cipali hanya ada 2 lajur.

"Nanti Cipali harus 4 lajur, itu sudah direncanakan, ini kan dari (Cikampek) 3 di bawah, 2 di atas, nanti masuk Cipali kan nanti jadi 2 (lajur)," kata Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).



Artinya terjadi penyempitan jalan dari Cikampek ke Cipali. Hal itu yang diperkirakan menyebabkan kemacetan di Tol Japek meskipun sudah ada tol layang. Jadi Tol Cipali harus menyesuaikan.

"Kalau nggak ya macet kan, karena ini di (Cikampek) sini sudah banyak, di sana (Cipali) masuknya cuma 2 (lajur)," sebutnya.

Rencana tersebut, lanjut dia sudah didiskusikan. Jika sesuai rencana maka pelebaran Tol Cipali akan dilakukan pada 2020 mendatang.

"Mudah-mudahan tahun 2020 ini sudah mulai dikerjakan," tambahnya.



Simak Video "Tol Cipali Km 136 Banjir, Lalin Macet Parah!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com