Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Des 2019 21:15 WIB

Lahan Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Bebas 100% Januari 2020

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Wisma Putra
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pemerintah akan menyelesaikan pembebasan lahan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) pada Januari 2020. Hal itu diungkapkannya usai rapat kordinasi dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Menko Maritim memberikan suatu endorsement (dukungan) dan menurunkan tim untuk melakukan pembebasan tanah. Pembebasan tanah akan kita selesaikan bulan Januari, tinggal sedikit saja," ungkap Budi Karya usai rapat di kantor Luhut, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019).

Budi Karya menyatakan pemerintah ingin konstruksi proyek ini bisa berjalan lancar, sehingga target operasi di akhir 2021 bisa dikejar. "Kita mau agar konstruksi itu berjalan dengan baik. Operasi bisa 2021 akhir tahun," kata Budi Karya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa hingga kini pembebasan lahan proyek kereta cepat hanya bersisa satu persen saja. Namun dia bilang masih ada banyak hal yang harus dikerjakan meski pengadaan lahan tinggal sedikit.


"Berita baik posisi pembebasan lahan sudah 99% kalau jadwal masih ditetapkan 2021 beroperasi. Tadi dirapatkan 1% pembebasan lahan itu koordinasinya, ini masalahnya banyak, administrasi, pengadilan, registrasi, dan lain-lain," ujar pria yang akrab dipanggil Emil ini di Kantor Luhut, Selasa (12/11/2019).

Emil melanjutkan, masalah lahan memang menjadi masalah dalam pembangunan di Indonesia. Dia pun menyatakan lahan proyek kereta cepat yang bermasalah terletak di Bekasi, Karawang, hingga Purwakarta.

"Biar 1% kan jumlah banyak nih. Problem pembangunan di Indonesia memang urusan negosiasi pembebasan lahan. Itu ada di Bekasi, Karawang, Purwarkarta. (Luasnya) Saya lupa, pokoknya sisa sepersen," ujar Emil.



Simak Video "Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung Terkendala Pembebasan Lahan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com