Kaleidoskop 2019

Indonesia Akhirnya Punya MRT

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 27 Des 2019 14:00 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Masyarakat Jakarta kini bisa menikmati alat transportasi canggih bernama moda raya terpadu (MRT). MRT Jakarta fase I telah beroperasi, menghubungkan Lebak Bulus-Bundaran HI.

MRT sendiri punya perjalanan panjang. Dalam catatan detikcom, proyek infrastruktur ini sudah digagas sejak Orde Baru yakni tahun 1985. Ada lebih dari 25 studi subjek umum dan khusus yang telah dilakukan terkait dengan kemungkinan sistem MRT di Jakarta.

Tapi proyek ini tak kunjung jalan. Krisis ekonomi dan politik yang terjadi antara rentang tahun 1997-1999 ditengarai sebagai salah satu sebab proyek ini mandek.

Pada 26 April 2012, titik terang pembangunan MRT muncul. Gubernur DKI Jakarta saat itu Fauzi Bowo meresmikan pencanangan persiapan pembangunan MRT di Stadion Lebak Bulus, Jakarta. Saat itu Foke sapaan akrabnya mengaku lega. Dia berharap MRT menjadi ikon pembangunan serta menjadi transportasi yang nyaman, efisien dan ramah lingkungan.

Pembangunan MRT kemudian dilanjutkan gubernur selanjutnya Joko Widodo (Jokowi) yang kini menjabat sebagai presiden. Jokowi saat itu menyebut proyek MRT masuk sebagai salah satu prioritas dalam anggaran Jakarta tahun 2013. Peletakan batu pertama atau groundbreaking dilakukan pada Oktober 2013.

Berikut ini kilas balik beroperasinya MRT Jakarta sekaligus yang pertama di Indonesia dalam rangkuman Kaleidoskop 2019.