Daftar Tol yang Bisa Dijajal Gratis Selama Libur Akhir Tahun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 28 Des 2019 17:00 WIB
Tol Kayu Agung-Palembang/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka sejumlah ruas jalan tol secara fungsional untuk memfasilitasi masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Mengutip akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Sabtu (28/12/2019), setidaknya ada empat ruas jalan tol yang digratiskan. Pertama, tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 9,5 kilometer (km).

Tol ini secara keseluruhan memiliki panjang 87 km. Namun pada libur akhir tahun kali ini seksi 1 bisa dijajal secara gratis hingga 2 Januari 2019 mendatang.


Kemudian tol Balikpapan - Samarinda sepanjang 66 kilometer. Tol ini juga baru bisa dinikmati sebagian seksinya, yakni dari Samboja ke Samarinda.

Selanjutnya tol Manado-Bitung sepanjang 26 kilometer. Jalur yang dibuka adalah jalur fungsional arah Bitung (Manado-Airmadidi) dan jalur fungsional arah Manado (Manembo-Nembo-Airmadidi-Manado)

Dan terakhir tol Kayu Agung- Palembang - Betung sepanjang 33 kilometer.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan jalan tol yang dibuka fungsional yakni sepanjang 134,5 kilometer.

Pemberlakuan tol gratis ini sesuai dengan waktu libur natal dan tahun baru.

"Itu (134,5 km) kalau fungsional nggak ada tarifnya, ya gratis," kata Basuki usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Senin (2/12/2019).



Simak Video "Film-film Keren di Bioskop untuk Habiskan Liburan Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)