Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 28 Des 2019 20:15 WIB

Gratis 2 Bulan, Kereta Bandara Solo Segera Diluncurkan

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Menhub Budi Karya di Yogyakarta/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kereta Bandara Solo segera diluncurkan. Setelah diluncurkan, kereta Bandara Solo rencananya akan gratis selama 2 bulan.

Budi Karya mengatakan, kunjungannya ke Yogyakarta dalam rangka mempersiapkan beberapa hal. Pertama adalah terkait persiapan akses ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo jelang berpindahnya penerbangan dari Bandara Adi Sucipto pada Maret 2020.

"Kedua, nanti mau ke Solo. Ke Solo nanti akan trail test terakhir, karena besok kita akan melakukan soft opening Kereta Bandara Solo. Itu (rute Kereta Bandara Solo) dari (Stasiun) Balapan sampai (Bandara) Adi Sumarmo, dan itu masuk langsung ke Bandara," katanya saat ditemui di Stasiun Yogyakarta, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Sabtu (28/12/2019) sore.

Dengan beroperasinya kereta tersebut, Budi berharap akan mempermudah penumpang untuk menuju Bandara Adi Soemarmo. Terlebih, kata Budi, dengan Kereta tersebut harapannya mampu mengurai kepadatan lalu lintas di Solo

"Jadi (dengan Kereta Bandara) kita berusaha memberikan servis yang lebih baik, dan harapannya juga bisa menurunkan kepadatan lalu lintas," ucapnya.


Budi menambahkan, setelah launching nantinya Kereta tersebut akan langsung beroperasi. Bahkan, ia menyebut bahwa PT KAI akan memberikan promo khusus untuk menarik para wisatawan.

"Langsung dioperasikan, Pak Dirut (KAI) bilang 2 bulan gratis, biar teman-teman wisatawan senang. Kalau untuk tarifnya nanti baru dipikirkan," kata Budi Karya.

Diketahui bersama, Proyek kereta api bandara Adi Soemarmo, Boyolali akan segera rampung. Moda transportasi massal itu ditargetkan selesai pada pertengahan Desember 2019 dan bisa beroperasi sebelum tahun baru 2020.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kepada para wartawan saat meninjau stasiun kereta api Bandara Adi Soemarmo November kemarin.

"Kereta bandara Adi Soemarmo memang kita targetkan, agar angkutan antar moda ini berjalan dengan baik dan ini juga satu konsep angkutan masal yang merupakan keniscayaan untuk setiap kota besar di seluruh Indonesia," ujar Menhub, Budi Karya Sumadi, usai mengecek stasiun kereta bandara Adi Soemarmo, Minggu (3/11/2019).



Simak Video "Asyik! Sebentar Lagi KA Bandara Adi Soemarmo-Boyolali Bisa Dinikmati"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com