Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Des 2019 12:44 WIB

Lajur Tol Cipali Ditambah Mampu Atasi Macet?

Trio Hamdani - detikFinance
Tol Cipali/Foto: Sudirman Wamad
Jakarta - Lajur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) bakal diperlebar. Alasannya karena salah satu ruas Tol Trans Jawa itu sudah tak mampu menampung beban kendaraan dari arah Cikampek. Hal itu seiring dibukanya Tol Jakarta-Cikampek (Japek) atau Tol Layang Japek.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, Tol Cipali bila dilihat V/C ratio-nya sudah di 0,7 atau 70%. V/C ratio adalah rasio antara volume kendaraan dengan kapasitas jalan. Tingginya V/C ratio menggambarkan kepadatan arus lalu lintas karena jalan sudah tidak mampu menampung volume kendaraan.

"Itu kan kalau prinsipnya pelebaran itu kan dasarnya kalau volume capacity ratio-nya sudah di atas 70% ya kan, sehingga begitu volumenya sudah mendekati atau di atas 70% kita bicara dengan badan usahanya untuk komitmen mereka untuk melaksanakan pelebaran," kata Danang saat dihubungi detikcom, Senin (30/12/2019).


Dia menjelaskan, lajur Tol Cipali dilebarkan untuk menghindari penumpukan kendaraan di ujung Tol Japek hingga memasuki Tol Cipali.

Saat ini lajur kendaraan di Tol Japek eksisting ditambah Tol Layang Japek sudah memiliki kapasitas yang besar. Di Tol Japek ada 3 lajur di bawah dan 2 lajur di atas. Otomatis Tol Cipali yang hanya ada 2 lajur perlu menyesuaikan kapasitas jalannya.

"Sekarang kan dengan kapasitas Japek itu lajurnya kan Japeknya itu sudah 5-6 lajur. Berarti kan kita akan memiliki risiko nanti menumpuk semua di ujung Cipali ya kan," jelasnya.



Pihaknya pun akan segera melakukan pembahasan dengan badan usaha jalan tol (BUJT) yang mengoperasikan Tol Cipali, yaitu PT Lintas Marga Sedaya.

"Nah sehingga kita akan mulai bahas bagaimana rencana pelebaran secara gradual lah ya Cipali itu, sehingga bisa menampung traffic dari Japek yang cukup banyak nantinya," tambahnya.

Simak Video "Tol Cipali Km 136 Banjir, Lalin Macet Parah!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com