Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Des 2019 14:06 WIB

Wanti-wanti Pemda Jaga Bendung Kamijoro, Jokowi: Terus Rawat!

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Jokowi resmikan Bendung Kamijoro/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Kulon Progo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Jokowi meminta Pemerintah Daerah (Pemda) merawat, menjaga dan memperhatikan sedimentasi bendungan.

"(Pemda harus) terus merawat, menjaga, bendungan ini (Bendung Kamijoro)," ucap Jokowi usai meresmikan Bendung Kamijoro di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (31/12/2019).

Selain itu, Jokowi menekankan agar Pemda memperhatikan level air pada Bendung Kamijoro. Hal itu agar tidak terjadi luapan air pada bendungan tersebut.

Pesan Jokowi tersebut ditujukan kepada Pemda Kulon Progo dan Bantul yang menjadi lokasi Bendung Kamijoro.


"Terutama yang terkait dengan sedimentasi, terus dikeruk, diperbaiki kedalamannya sehingga level air selalu terjaga dengan baik," ucapnya.

Mengingat Bendung Kamijoro memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya yang bermukim di sekitar Bendung tersebut.

"Ya, ini saya kira yang paling penting Bendung Kamijoro sudah diselesaikan, bisa mengairi 2.370 hektare sawah di sekitar bendungan ini. Dan juga yang paling penting bisa menyuplai air baku bagi bandara YIA, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo," katanya.

"Kedua, juga ini juga menjadi tempat destinasi wisata di hari Minggu, dan memberi dampak ekonomi bagi warga sekitar," imbuh Jokowi.



Simak Video "Genjot Sektor Pertanian, Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com