Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Des 2019 14:24 WIB

Jalur Kereta Layang Bakal Dibangun di Cirebon

Sudirman Wamad - detikFinance
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Cirebon - Lalu lintas kereta api di Kota Cirebon menjadi salah satu yang tersibuk di pulau Jawa. Setiap tujuh menit sekali kereta melintas di Kota Cirebon.

Oleh sebab itu, pemerintah berencana membangun elevated atau menaikkan jalur kereta api di atas jalan raya. Pembangunan elevated itu diintergrasikan dengan rencana proyek jalur kereta api cepat Jakarta-Surabaya.

"Kita nanti buat (jalur kereta) dinaikkan ke atas sehingga tidak ada lagi kemacetan. Kalau saya tidak ke Cirebon, saya tidak tahu masalah soal ini," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat memberi sambutan di acara Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (31/12/2019).

Lebih lanjut, Budi menjelaskan tentang proyek rencana pembangunan jalur kereta api cepat Jakarta-Surabaya. Pada tahun 2021 nanti, dikatakan Budi, pihaknya mulai mengkaji rencana pembangunan jalur kereta api cepat. Termasuk menghitung total biaya untuk proyek.


"Proyek rencananya mulai 2022. Tahun 2026 rencananya mulai beroperasi. Nanti, Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu empat jam," tutur Budi.

Budi berharap masyarakat Cirebon dan sekitarnya mendukung proyek pembangunan kereta api cepat di wilayah Cirebon. "Cirebon dan Semarang nanti akan dikaji. Kalau ada tim kami, orang Jepang dan perhubungan tolong disambut baik," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon Yoyon Indrayana mengaku pernah mengkaji rencana pembangunan dinaikkannya jalur kereta pada 2016 silam. "Waktu saya di Bappeda, saya sudah kaji. Ada 11 perlintasan sebidang, jaraknya tujuh kilometer," kata Yoyon.

Yoyon menyebutkan idealnya jalur kereta api dinaikkan dari wilayah Pilang hingga Drajat Kota Cirebon. "Sekarang itu per tujuh menit kereta melintas, hampir 200 kereta per hari melintas di Kota Cirebon," katanya.



Simak Video "Sopir Ngantuk, Truk Nangkring di Atas Rel KAI"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com