Pak Anies, Normalisasi Ciliwung Masih Terkendala Lahan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 02 Jan 2020 21:30 WIB
Normalisasi Ciliwung/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Normalisasi Sungai Ciliwung yang mandek dinilai menjadi biang kerok banjir besar di Jakarta. Bahkan, hal ini dikeluhkan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di depan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pembebasan lahan yang lambat dinilai jadi permasalahan mandeknya normalisasi Kali Ciliwung. Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane Bambang Hidayah, selama ini lahan di bantaran Kali Ciliwung dipenuhi rumah-rumah penduduk yang padat dan kumuh.

Penduduk-penduduk ini mesti direlokasi agar bantaran kali bisa dinormalisasi. Tanpa pembebasan lahan, normalisasi tidak bisa dilakukan.

"Ciliwung ini makin ke hilir makin sempit. Nah bantarannya padat dan kumuh sama rumah penduduk, itu mesti bebas mesti direlokasi biar kita bisa kerja," kata Bambang kepada detikcom, Kamis (2/1/2020).


Hingga kini pun pihaknya masih menunggu pembebasan lahan untuk meneruskan proyek normalisasi. Kalau bantaran kali Ciliwung sudah dibebaskan lahannya, Bambang berjanji bergerak cepat meneruskan proyek normalisasi.

"Intinya, kita tuh kalau udah ada sekian meter sekian luas lahan bebas, cepat kita kerja. Yang penting tuh lahan. Kita juga pasti langsung ajukan anggaran buat normalisasi diteruskan kalau ada lahannya," ungkap Bambang.

"Kan kemarin vakum maka harus ajukan anggaran lagi," pungkasnya.

Soal pembebasan lahan Bambang mempercayai sepenuhnya kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Pokoknya, soal pembebasan lahan kan di Pemprov," kata Bambang.



Simak Video "Bocah 10 Tahun Tewas Tenggelam Saat Berenang di Kali Ciliwung Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)