Bicara Proyek Normalisasi Ciliwung, Luhut: Tuntaskan Semua!

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 03 Jan 2020 16:12 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meminta program normalisasi sepanjang 33 kilometer (km) ungai Ciliwung segera dituntaskan. Menurut Luhut, penuntasan program tersebut bisa meredam banjir ke depannya.

"Iya kan belum tuntas, yang dimau kan dari 33 km, kan baru 16 km yang selesai, ya tuntaskan semua," ujar Luhut di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Luhut juga menyanggah ada silang pendapat antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal banjir. Bahkan dirinya meminta kepada semua pihak untuk tidak mempersoalkan hal itu.

"Nggak ada yang berseberangan. Saya kira pikiran Pak Basuki benar nggak ada yang salah, Gubernur juga oke, saya kira jangan ditubruk-tubrukkan lah," ujarnya.


Dia menjelaskan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah sepakat bahwa harus menyelesaikan program normalisasi Kali Ciliwung. Bahkan, pemerintah juga sedang membangun dua bendungan di wilayah Bogor, Jawa Barat dan selesainya pada tahun 2020.

"Kan memang bagaimana pun kali itu harus dibersihkan, iya kan supaya airnya lebih lancar lewat. Kedua, di puncak itu memang sedang disiapkan bendungan yang 2 itu. Hanya baru tahun ini selesai. Ketiga bagaimana air itu bisa dipompa ke laut, mempercepat bukan hanya melalui sungai itu saja," ungkapnya.

"Nggak ada tuh (silang pendapat), bukan silang pendapat, tadi Pak Basuki jelasin juga di kantor(Kemaritiman), tapi sudah sepakat yang saya dengar," sambungnya.



Simak Video "Anies Fokus Evakuasi Korban Dulu Sebelum Bicara Pencegahan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)