Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Jan 2020 15:15 WIB

Baru Dibuka 1 Seksi, Apa Kabar Pembangunan Tol Bocimi?

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) terus dikebut. Saat ini progres konstruksi Tol Bocimi seksi II mencapai 36,20% dan ditargetkan rampung pada 2021 mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan tol ini akan memperlancar distribusi barang dan jasa, menurunkan biaya logistik, serta mendukung pengembangan potensi ekonomi kawasan Sukabumi khususnya di sektor pariwisata.

"Di Sukabumi sendiri banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik mulai dari pantai di Pelabuhan Ratu, Curug Awang, Curug Cikaso hingga Gunung Gede," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Senin (13/1/2020).



Pada 2019 lalu, BPJT melakukan penghijauan dengan menanam 160 pohon bungur di Simpang Susun Cigombong, Jalan Tol Bocimi. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, bukan hanya sebagai objek fisik melainkan jadi tempat wisata dan pusat pengembangan sosial-ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan kualitas visual di jalan tol bagi para pengguna sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan dan membantu penyerapan ketersediaan air di dalam tanah.

Sebagai informasi, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km terdiri dari 4 Seksi, yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 km) yang sudah beroperasi pada Desember 2018. Kemudian Seksi II Cigombong-Cibadak (11,9 km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 km) dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 km).



Simak Video "Penampakan dari Udara Tol Bocimi yang Baru Diresmikan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com