Tol Semarang-Demak Mulai Dibangun Awal Februari 2020

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Selasa, 14 Jan 2020 17:45 WIB
Ilustrasi/Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Semarang - Tol Semarang-Demak segera masuk dalam tahap konstruksi. Proyek dibagi dua seksi, di mana seksi II akan dimulai lebih dulu dan ditarget rampung akhir 2021.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (PP) Semarang Demak, Handoyo Yudianto usai bertemu Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang.

"Awal Februari mulai pekerjaan fisik seksi II. Seksi I persiapan," kata Handoyo, Selasa (14/1/2020).

PT PP Semarang Demak merupakan badan usaha yang memegang konsesi perusahaan jalan tol Semarang-Demak. Total panjang jalan tol Semafang-Demak yaitu 27 km.

"Seksi I berada di ruas Semarang-Sayung sepanjang 10,69 km dan seksi II sepanjang 16,31 km yang membentang dari Sayung sampai Demak kota," jelasnya.


Untuk keseluruhan, pembebasan lahan tol Semarang-Demak sudah 20% selesai. Namun khusus seksi II, menurutnya sudah 60% lahan yang dibebaskan. Syukuran juga sudah dilakukan bersama warga di seksi II.

"Seksi II pertengahan Juli selesai pembebasan lahan. Kalau untuk jalan tol selesai fisik akhir 2021," ucapnya.

Untuk seksi I, pembebasan lahan masih menjadi kendala. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan harus ada percepatan. Salah satu kendalanya yaitu lahan milik warga sudah terendam rob meski ada sertifikatnya.

"Harus ada win-win solution untuk pembebasan lahan itu. Masyarakat mengatakan tanah (calon jalan tol) itu miliknya, bisa menunjukkan sertifikat, tapi wujud tanahnya sudah tidak ada karena terendam rob," kata Ganjar.

Ganjar akan berkomunikasi dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono terkait percepatan di seksi I. Di seksi tersebut jalan tol juga akan berfungsi sebagai tanggul laut.

"Nanti saya akan koordinasi dengan Pak Basuki agar ini (seksi I) dipercepat," tegasnya.



Simak Video "Keterlaluan! Pria Ini Curi Puluhan Besi Pembatas Jalan Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/eds)