Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Jan 2020 15:01 WIB

1.000 Ha Lahan Belum Bebas, Begini Perkembangan Proyek Waduk Karian

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Rapat bersama pembahasan proyek strategis nasional di kantor Gubernur Banten, Jl Syekh Nawawi Al Bantani (Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang - Sebanyak 1.000 hektar lahan untuk pembangunan waduk Karian di Lebak belum dibebaskan. Progres pembangunan waduk pemasok air baku untuk Banten-Jakarta mencapai 57 persen dan ditargetkan selesai 2021.

"Karian tahun 2021 (selesai pembangunan), sekarang (progres) 57 persen pembangunannya, pembebasanya 54,74 persen. Jadi yang belum masih ada 1.000 hektar lagi," kata Tris Raditian Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau-Ciujung-Cidurian usai pembahasan proyek strategis nasional di kantor gubernur Banten, Serang, Jumat (17/1/2020).

Tris menceritakan, dari 1.000 hektare lahan yang belum bebas ada di 6 desa yang saat bencana banjir Lebak kemarin yang tergenang. Saat ini sedang dilakukan percepatan pembebasan karena 6 desa yang terimbas banjir merupakan kawasan yang masuk genangan saat waduk Karian beroperasi.

"Ini daerah kebetulan banyak terkena dampak banjir," ujarnya.


Menurutnya, saat banjir bandang Lebak, waduk Karian cukup membantu untuk menahan air yang menuju ke Ciujung. Di salah satu tunnel bendungan bahkan menahan kayu dan bambu yang jumlahnya tak terhitung. Petugas bahkan bisa berjalan di atas tumpukan itu.

"Sampah kayu bisa sampai 2,5 kilometer, di atasnya bisa berjalan dengan kedalaman 1 setengah meter," ujarnya.



Simak Video " Apa Kabar Kartu Pra Kerja Jokowi?"
[Gambas:Video 20detik]
(bri/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com