Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Jan 2020 16:40 WIB

Swasta yang Usulkan Tol Gilimanuk-Tabanan Eks Investor Cipali

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi proyek tol/Foto: Pool/Kementerian PUPR
Jakarta - Rencana pembangunan tol Gilimanuk-Tabanan sedang dikaji. Usulan proyek tersebut dari badan usaha swasta, siapakah dia?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit enggan menjelaskan detail perusahaan yang mengusulkan proyek tersebut. Dia hanya mengatakan perusahaan tersebut pernah menggarap proyek tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Selain itu, badan usaha tersebut adalah perusahaan nasional.

"Pemain dulu pernah masuk tol di Indonesia, kemudian dia masuk lagi sekarang. Nasional, dulu salah satu investornya Cipali," terang Danang di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (21/1/2020).


Danang mengatakan pihak swasta yang mengusulkan proyek tol tersebut sedang melakukan studi kelayakan, dan biasanya memakan waktu 8 bulan.

"Ini kan posisinya masih studi kelayakan, kita beri waktu biasanya 8 bulan, setelah itu nanti kita berikan izin prakarsa kemudian setelah itu ditenderkan. Kalau sekarang ini prosesnya masih belum, mungkin akhir tahun ini baru mulai ada kepastian siapa yang menjadi pemrakarsanya," terang Danang.

Dia menambahkan jika tol tersebut terwujud maka akan masuk dalam jaringan tol Trans Jawa. Jaringan tersebut juga mencakup penyeberangan feri dari Banyuwangi ke Gilimanuk.

"Itu sebenarnya menyambung secara jaringan Probowangi, kan dari Probolinggo ke Banyuwangi. Kemudian kami kemarin juga bicara dengan ASDP untuk bagaimana perbaikan konektivitas tol dengan angkutan penyeberangan, terminal penyeberangan antara Ketapang dan Gilimanuk," jelas Danang.




Swasta yang Usulkan Tol Gilimanuk-Tabanan Eks Investor Cipali


Simak Video "Pengemudi Masih Was-was Naik Tol Layang Japek "
[Gambas:Video 20detik]
(hns/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com