Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 23 Jan 2020 19:19 WIB

Tekan Sirene, Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soetta

Hendra Kusuma - detikFinance
Tekan Tombol Sirene, Jokowi Resmikan Runway 3 Soetta/Foto: Hendra Kusuma
Tangerang -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian empat fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), salah satunya adalah runway atau landasan pacu. Peresmian itu pun ditandai dengan menekan sirene.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT. Pada sore hari ini saya resmikan runway 3, east cross connection taxiway, Terminal 3, dan gedung VIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta, terima kasih," kata Jokowi di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (23/1/2020).

Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, Menteri ATR Sofyan Djalil, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.


Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa beberapa fasilitas di Bandara Soetta sudah dioperasikan terlebih dahulu, seperti Terminal 3, runway 3, dan east connection taxiway. Sedangkan gedung VIP baru akan dioperasikan.

"Runway 3 adalah yang dibangun baru dengan tujuan untuk memperlancar dan meningkatkan kapasitas penerbangan dan mendukung keselamatan penerbangan," kata Budi Karya.

Saat ini Bandara Soetta memiliki tiga landas pacu, yaitu runway 1 yang terletak di Selatan serta runway 2 dan runway 3 di Utara.


Berdasarkan data PT Angkasa Pura II (Persero), landasan pacu ke-3 Bandara Soetta sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu. Runway ini dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di Bandara tersebut. Dengan adanya runway ke-3 yang berukuran 3.000 x 60 meter ini, pergerakan pesawat di Bandara Soetta bisa meningkat dari semula 81 pergerakan pesawat per jam menjadi 114 pergerakan pesawat per jam baik lepas landas (take off) maupun pendaratan (landing).

Selain meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat, kecepatan dan pelayanan terhadap penumpang tentunya pembangunan runway ke-3 ini juga dapat meningkatkan keselamatan penerbangan di Bandara Soetta.

Bersamaan dengan pembangunan runway ke-3, PT Angkasa Pura II (Persero) juga membangun east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara. Di mana pergerakan pesawat dari runway selatan menuju runway utara yang semula membutuhkan waktu 30 menit nantinya hanya sekitar 7 menit.

Tekan Sirene, Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soetta



Simak Video "Jokowi Resmikan 3 Landas Pacu Bandara Soeta, AirNav Siap Operasikan Ketiganya"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com