Catat! Jokowi Janji Ibu Kota Baru di Kaltim Bebas Banjir

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 24 Jan 2020 16:51 WIB
Foto: Danang Sugianto/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memamerkan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Kali ini dia menjamin IKN yang berlokasi di Kalimatan Timur nanti bebas dari banjir dan kemacetan.

Hal itu diucapkan Jokowi dalam acara Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Saat memberikan pidato, tiba-tiba dia menunjukkan video tentang rencana pembangunan ibu kota baru.

"Urusan penduduk rampung, supaya dapat gambaran pemerataan penduduk seperti apa saya bawakan gambarnya ibu kota baru," tuturnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Beberapa hal yang dipamerkan Jokowi adalah konsep ibu kota yang menggunakan energi baru terbarukan, transportasi massal menggunakan kendaraan listrik dan yang paling dia tekankan adalah bebas macet dan bebas banjir.


"Semuanya energi baru terbarukan. Transportasi massal semuanya elektrik vehicle, otonomous vehicle, kendaraan pribadi juga otonomous, juga elektrik. Banyak orang jalan kaki banyak orang bersepeda. Nggak ada banjir, nggak ada macet," tutupnya.

Meski begitu, Jokowi menekankan bahwa dari pemindahan ibu kota, baginya yang paling penting adalah pembangunan sebuah peradaban baru. Masyarakat akan dibiasakan hidup dengan pola aktivitas yang ramah lingkungan.

"Kita pindah ke sana bukan ingin pindah gedung dan lokasi. Terpenting bagaimana kita bangun sebuah sistem, pindah pola kerja, kultur, karena ke depan persaingan akan semakin berat. Negara yang cepat akan kalahkan yang lambat," tutupnya.



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)