Daftar Tol Baru yang Siap Dioperasikan Bulan Depan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 31 Jan 2020 17:30 WIB
Pemerintah membangun tol Manado-Bitung sepanjang 39 km. Proyek ini digarap beberapa BUMN, salah satunya PT Hutama Karya (Persero).
Foto: hutama karya
Jakarta -

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan ada tiga tol baru yang dijadwalkan untuk mulai beroperasi pada Februari 2020. Ketiga ruas tersebut ialah Tol Manado-Bitung, Tol Pekanbaru-Dumai, dan Tol Palembang-Kayu Agung.

"Manado, Kayu Agung-Jakabaring, sama Pekanbaru-Dumai seksi 1," kata Danang di kantornya, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Danang mengatakan, ketiga ruas tol tersebut sudah dilakukan uji laik fungsi. Namun, masih ada proses dan tahapan yang perlu dilalui sebelum tol itu beroperasi penuh.

"Sudah diuji, ada prosesnya. Sekarang kan mereka baru menyiapkan perbaikan dari hasil uji laik fungsinya. Kan nanti akan terbit SLO dari Pak Dirjen, kemudian Pak Menteri terbitkan SK pengoperasian. Setelah itu akan menerbitkan SK pentarifan," jelasnya.

Diketahui, jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang 39,9 kilometer. Jalan bebas hambatan ini dibangun dalam dua seksi, yaitu seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sedangkan, seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Kemudian jalan Tol Palembang-Kayu Agung sendiri memiliki panjang 33,5 KM. Tol ini pernah digunakan fungsional di libur Lebaran 2019 dan Libur Natal serta Tahun Baru 2020.

Sementara Tol Pekanbaru-Dumai dikerjakan dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero). Jalan ini membentang sepanjang 131,4 kilometer yang terbagi dalam 6 seksi. Untuk seksi 1 yang akan diresmikan ialah Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer.



Simak Video "1 Orang Terluka di Kecelakaan Beruntun Tol Layang MBZ Km 23"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/eds)