Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 01 Feb 2020 07:00 WIB

7 Jalan Tol Lagi Antre Naik Tarif, Terdekat Februari

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Kenderaan melintas di tol dalam kota, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Jika tak ada aral melintang, bulan ini akan ada sejumlah ruas tol yang tarifnya naik. Tol dalam kota adalah salah satu tol yang mengalami kenaikan tarif. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sejumlah ruas tol telah mengalami kenaikan tarif 31 Januari kemarin. Ada 6 ruas tol yang mengalami kenaikan tarif secara serentak.

Selain 6 ruas tersebut, masih ada sejumlah ruas yang bakal naik tarifnya tahun ini. Bahkan ada yang dijadwalkan naik pada Februari ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan ada dua ruas tol yang dijadwalkan untuk naik tarifnya pada Februari 2020. Dua ruas tersebut ialah Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Danang bilang, saat ini pihaknya masih meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menyiapkan yang dibutuhkan.

"Kita juga menyiapkan 2 ruas lagi untuk di, yang seharusnya mengalami penyesuaian di tahun 2020, yaitu Cipularang dan Padaleunyi. Itu Februari," kata Danang di kantornya, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

"Sehingga kita sekarang sudah mengumpulkan data untuk SPM, kita cek lapangan, kita meminta BPS nilai inflasi yang akan digunakan sebagai formula. Kemudian setelah SPM terbit, evaluasi, kemudian mereka harus lakukan perbaikan yang kurang-kurang," sambungnya.

Danang mengatakan, pihaknya tak akan memberikan izin kenaikan tarif tersebut bila BUJT belum menyelesaikan semua persyaratan.

"Jadwal aslinya Februari, tapi tergantung mereka. Kalau nggak bisa Februari pasti belum disetujui. Tapi rata-rata BUJT mereka, ini kan sama pendapatan, biasanya mereka semangat. Cuma kalau memang belum bisa, ya belum kita izinkan," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com