Menanti Dibukanya Tol Pekanbaru-Dumai

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 10 Feb 2020 08:15 WIB
Ruas tol Pekanbaru-Dumai seksi I sepanjang 9 Km akan dibuka fungsional menyambut libur Natal & Tahun Baru. Ini Lho Penampakannya.
Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Jakarta -

Bagi warga Pulau Sumatera, khususnya yang terlewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, pasti tidak sabar untuk menjajal tol baru tersebut. Tol yang memiliki panjang 131,5 kilometer (km) ini ditarget sudah bisa dilalui penuh akhir tahun 2020.

PT Hutama Karya (Persero) saat ini tengah mengebut proses pembangunannya. Tol yang seharusnya mulai operasi bertahap sejak 2019 lalu ini masih mengerjakan konstruksi di mayoritas seksinya.

Tol yang terdiri dari enam seksi ini masih mencapai progres konstruksi 75% secara keseluruhan. Sebelumnya, seksi 1 tol ini sudah bisa dilewati secara darurat pada libur Natal dan tahun baru lalu.

Mengutip data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Minggu (9/2/2020), untuk Seksi 1 progresnya sudah mencapai 100%, Seksi 2 ruas Minas-Petapahan sepanjang 24 km progresnya telah mencapai 85%, Seksi 3 ruas Petapahan-Kandis sepanjang 16,9 km progresnya telah mencapai sebesar 78%, Seksi 4 ruas Kandis Utara- Duri Selatan sepamjang 26,25 km progresnya telah mencapai 74,5%.

Kemudian Seksi 5 ruas Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 29,4 km progresnya telah mencapai 93% dan Seksi 6 ruas Duri Utara-Dumai sepanjang 25,44 km progresnya telah mencapai 85%.

Proyek yang harusnya beroperasi bertahap sejak 2019 ini masih terganjal oleh pembebasan lahan.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan proses pembebasan lahan masih dilakukan pada seksi 2 dan 4 proyek yang menjadi bagian Tol Trans Sumatera ini.

"Hingga saat ini progres pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai sudah mencapai rata-rata 90 persen untuk semua seksi, sedang progres pengadaan tanah hampir mencapai 95%. Kami masih menyelesaikan proses pengadaan tanah di seksi 2 dan 4," kata Fauzan saat dihubungi detikcom, Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan memangkas waktu signifikan antara kedua kota besar tersebut dibandingkan melalui jalan nasional yang sudah ada sejak dulu. Tol yang memiliki panjang 131,5 km ini bisa ditempuh selama 3 jam.

"Apabila tersambung, Pekanbaru-Dumai dapat di tempuh dalam waktu 2-3 jam saja yang sebelumnya membutuhkan waktu 6-7 jam," kata Fauzan.

Jalan tol ini juga akan terintegrasi dengan konektivitas kawasan dan memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke berbagai wilayah di wilayah Sumatera.

Ada yang menarik pada tol ini, yaitu akan banyak gajah yang wira-wiri di tol ini. Pasalnya tol Pekanbaru-Dumai dan Sigli-Banda Aceh akan membelah habitat gajah di Sumatera.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hutama Karya Dapat Rp 3,5 Triliun dari Pemerintah, Untuk Apa?"
[Gambas:Video 20detik]