Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Feb 2020 22:00 WIB

Sudah Sampai Mana Proyek Pelabuhan Patimban?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Pemerintah sedang membagun pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat. Intip yuk proyeknya. Proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban (Foto: Istimewa/Wijaya Karya)
Jakarta -

Pelabuhan Patimban tahap satu terus dikebut, terakhir Kementerian Perhubungan menugaskan PT Wijaya Karya (WIKA)-PT PP untuk membangun jembatan penghubung Pelabuhan Patimban. Proyek ini masuk dalam fase III tahap satu yang akan diselesaikan tahun 2027.

Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo memaparkan untuk fase I sendiri telah dimulai sejak 27 Juli 2018 membangun terminal kendaraan dan peti kemas. Fase ini telah mencapai 58,37% per akhir Januari.

"Dapat kami laporkan pula bahwa progres pembangunan kontruksi terminal kendaraan dan peti kemas sejak tanggal kontrak 27 Juli 2018 telah mencapai 58,37% per tanggal 26 Januari 2020," papar Agus di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).


Kemudian, fase II membangun kelengkapan pelabuhan mulai dari breakwater, seawall dan revetment. Agus menyebut proyek ini telah berjalan sejak 11 Februari dan mencapai 25% pada awal Februari.

"Pembangunan Breakwater, Seawall dan Revetment sejak tanggal kontrak 30 November 2018 telah mencapai 25% per tanggal 11 Februari 2020," kata Agus.

Fase III sendiri merupakan proyek pembangunan jembatan penghubung sepanjan 1 kilometer yang menjadi akses utama penghubung badan pelabuhan dengan jalan akses dan back up area.

"Sedangkan untuk pembangunan jembatan penghubung sepanjang 1 kilometer akan menjadi akses utama yang menghubungkan kawasan terminal kendaraan dan peti kemas dengan jalan akses," ujar Agung.

Untuk fase IV sendiri merupakan pembangunan jalan akses yang dikerjasamakan dengan Kementerian PUPR. Dia menyebutkan jalan akses ini bisa selesai pada bulan Juni. Totalnya hingga kini sudah 65% perkembangannya.

"Totalnya itu 65% kira-kira diperkirakan Mei-Juni. Pokoknya, sebelum September jalan akses ini sudah selesai," papar Agung.

Sebelumnya, Sekjen Kemenhub Djoko Sasono mengatakan bahwa soft launching Pelabuhan Patimban akan dilakukan pada bulan September 2020. Soft launching ini sendiri akan menjadi penanda beroperasinya pelabuhan. Awalnya, ditarget bulan Juni namun mundur ke September.

"Bulan September 2020 akan dibuat soft launcing. Juni masih diharapkan bisa selesai, September launching," ungkap Djoko.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri menargetkan pelabuhan ini bisa selesai pada tahun 2027. Hal itu diungkapkannya saat meninjau langsung perkembangan pembangunan pelabuhan Patimban, November lalu.

"Ya ini Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat yang kita harapkan ini akan menjadi sebuah pelabuhan besar nantinya di tahun 2027. Jadi memang pekerjaan yang besar sehingga tahapan-tahapannya memang jangka panjang," kata Jokowi di lokasi proyek Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019) lalu.

Menurutnya, total luas area pelabuhan Patimban secara keseluruhan mencapai 654 hektare. Dari jumlah tersebut, 300 hektare di antaranya akan diperuntukkan bagi peti kemas dan terminal kendaraan.



Simak Video "Konstruksi Pelabuhan Patimban Mulai Dilaksanakan Awal Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com