Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 23 Feb 2020 13:00 WIB

Bye-bye Corona! Operasi Kereta Cepat JKT-BDG Batal Molor

Anisa Indraini - detikFinance
Menhub Tinjau Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Foto: Anisa Indraini
Purwakarta -

Geger virus corona membawa perhatian khusus terhadap proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Bersamaan dengan merebaknya virus tersebut, dikabarkan proyek itu terganggu karena digarap dengan konsorsium China Railways.

Menanggapi itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan virus corona tak membuat pengerjaan proyek KCJB menjadi molor. Bahkan ia menargetkan Desember 2021 KCJB sudah bisa beroperasi.

"Sudah saya tegaskan tidak molor (karena virus corona). Tetap 2021, kita nanti naik sama-sama (kereta cepat) 2021 bulan Desember," kata Budi Karya saat meninjau proyek KCIC di Rancaekek, Jawa Barat, Minggu (23/2/2020).

Terkait 300 pekerja di China yang dilarang balik ke Indonesia, Budi mengatakan sudah diatasi dengan cara memanfaatkan tenaga kerja lokal dari Indonesia.

"Kita mau ontime tetap 2021. Bahwa ada masalah corona sejauh ini masih bisa diatasi. Jadi kita kolaborasikan tenaga kerja China dan Indonesia mereka bisa kerja sama. Saya lihat kerja samanya bagus sekali antara China dengan Indonesia jadi dari level Direksi, Supervisor, sampai ke bawah itu match saya lihat sendiri," ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengungkapkan dampak virus corona di China membuat pasokan bahan baku Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tersendat.

Dia menjelaskan wabah virus tersebut membuat pabrik di China belum bisa beroperasi karena masih tutup. Oleh karenanya bahan baku tidak bisa diproduksi.

"Ada satu yang mereka (kontraktor) concern adalah material. Material kalau kita impor dari sana, kalau di sana produksi pabriknya belum hidup juga, itu nanti kendala di situ," kata dia ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Bye Bye Corona! Kereta Cepat JKT-BDG Dipastikan Batal MolorFoto: Anisa Indraini
Bye-bye Corona! Operasi Kereta Cepat JKT-BDG Batal Molor


Simak Video "Proyek Kereta Cepat Disetop, Tapi di Tegalluar Masih Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com