Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Feb 2020 16:21 WIB

Ini Strategi PUPR Bentengi Jakarta dari Kepungan Banjir

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Banjir merendam Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan rencana menangkal banjir di Jakarta khususnya di kawasan yang dekat laut. Menurutnya untuk menangkal banjir, Kementerian PUPR berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta akan membuat pompa di Kali Sentiong dan Ancol.

Saat ini proyek pompa di Kali Sentiong dan pompa di Ancol sedang proses tender.

"Kami sudah kerjakan di kali Sentiong udah tender mau pasang pompa di hilirnya. Lalu pompa Ancol kan ada Kali Item masuk Ancol," ungkap Basuki ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020).

Khusus untuk di Ancol yang terhubung dengan Kali Item, bukan cuma akan dibuatkan pompa. Basuki mengatakan akan memasang pintu air sehingga apabila air laut pasang tidak akan meluap ke Kali Item.


"Ancol kan sebelah sininya pompa, ke sini selama ini nggak ada pintu air, kalau air pasang masuk Kali Item banjir. Ini kita buat pintu air terus tambah pompa. Ini lagi ditender sekarang," ungkap Basuki.

Menurut Basuki akan ada 100 pompa yang akan dipasang di Jakarta yang masing-masingnya bisa menarik air sebesar 5 meter kubik per detik. Pompa ini akan dipasang di beberapa aliran sungai yang bermuara ke laut.

"Fisiknya kita ada 100 pompa, semua pompa besar 5 meter kubik per detik kayak di Pluit di Ancol di Melati semua itu dipasang sesuai masterplan dulu. Nah nanti dikomando sama Dinas SDA Provinsi," jelas Basuki.

Basuki menambahkan urusan banjir di Jakarta merupakan tanggung jawab semua pihak. Terlebih lagi Jakarta merupakan ibu kota negara, semua pekerjaan harus dikerjakan bersama-sama menurutnya.

"Ini ibu kota negara, semua bertanggung jawab. Mau PU, mau DKI, mau TNI, kalau ada apa-apa pasti dikerjakan bareng asal tidak double," kata Basuki.

Ini Strategi PUPR Bentengi Jakarta dari Kepungan Banjir



Simak Video "Gugatan Korban Banjir ke Anies Diterima Majelis Hakim"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com