Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Mar 2020 08:01 WIB

Proyek Bandara Kediri Rp 9 T Digeber Bulan Depan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta. Ilustrasi Foto: Ari Saputra

Direktur Gudang Garam Istata Taswin Siddharta mengatakan, pembangunan Bandara Kediri diperkirakan memakan dana Rp 6 triliun hingga Rp 9 triliun. Rentang kebutuhan dana itu lebih kecil dari sebelumnya yakni antara Rp 1 triliun hingga Rp 10 triliun.

"Kalau dulu dari kami pernah bayangkan kisaran Rp 1-10 triliun, dengan berjalannya waktu sedikit mulai lebih jelas. Sekarang saya bilang mengecilkan rangenya antara Rp 6-9 triliun," katanya.

"Apakah jatuhnya 6, 7, 8, 9 (triliun) kita masih tunggu waktu lagi," tambahnya.


Dia mengatakan, investasi itu berasal dari dana internal perusahaan.

"Pendanaan memang kami mengharapkan internal," tambahnya.

Pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur hampir 100%. Saat ini, hanya sekitar 2 hektare (ha) lahan yang belum bebas.

Pembebasan berjalan dengan lancar. Sebab, proyek ini merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang mendapat dukungan dari pemerintah.

"Progresnya hampir 100% karena kita didukung penuh pemerintah, dan Bandara Kediri merupakan salah satu program strategis nasional," kata Istata.


"Luasan tanah yang belum selesai sekarang sudah di bawah 1%, kalau menurut data terakhir yang saya terima tinggal di bawah 2 ha dari keseluruhan lahan yang kita bebaskan 380 ha," sambungnya.

Dia menambahkan, karena proyek strategis maka lahan yang tidak bebas akan dieksekusi. Namun, dia bilang, selama ini pembebasan berjalan lancar.

"Karena PSN kalau misalkan tidak tercapai kata sepakat akan dieksekusi. Cuma alhamdulilah jalan terbuka lancar," ujarnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pihak Soetta soal Keramaian di Foto Viral: Tak Sampai 1.500 Orang"
[Gambas:Video 20detik]

(acd/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com