Bandara Kulon Progo Kapan Diresmikan? Ini Kata Kemenhub

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 20 Mar 2020 23:00 WIB
Progres pembangunan Bandara Kulon Progo atau Bandara Internasional Yogyakarta hampir tuntas 100%. Yuk, Intip penampakan terkini Bandara Kulon Progo.
Bandara Kulon Progo/Foto: Dok. PT Angkasa Pura I
Jakarta -

Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Yogyakarta, mulai beroperasi. Namun, Bandara baru ini belum diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Bandara Internasional Yogyakarta akan diresmikan Presiden Jokowi 29 Maret nanti. Rencana itu disampaikan Ma'ruf saat mengunjungi Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (24/1/2020).

Nah di tengah berkecamuknya wabah corona (covid-19), apakah bandara tersebut tetap diresmikan sesuai rencana? Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati mengatakan kemungkinana peresmian bandara Kulon Progo akan ditunda.

"Paling dekat kan Bandara Kulonprogo, semua on schedule kita akan berencana untuk resmikan akhir Maret. Cuma kan berbagai acara yang ada massanya akan diberhentikan dulu," kata Adita, lewat video conference bersama wartawan, Jumat (20/3/2020).


"Masih kita tinjau kembali, apakah ditunda jadwal peresmiannya atau tetap dilakukan," sambungnya.

Meski begitu, Adita menegaskan secara kesiapan infrastruktur, bandara ini siap operasi. Akhir Maret ini seluruh penerbangan komersil dari dan Yogyakarta akan dilayani lewat Bandara Kulon Progo

"Kalau kesiapan (infrastrukturnya) ini sih sudah siap. Bandara juga sudah operasi di Yogyakarta, cuma akhir Maret akan full penerbangannya," tutur Adita.

Adita mengatakan fokus pemerintah saat ini adalah menjalankan pelayanan transportasi udara di bandara. Soal peresmian dia mengatakan hanya seremonial saja.

"Intinya kan kita ini fokusnya pelayanan, kalau memang sudah bisa operasional ya kita jalan saja lah, yang penting bisa melayani dan bisa berjalan. Peresmian seremonial saja," ujar Adita.



Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)