Begini Jurus Hutama Karya Memutus Rantai Penyebaran Corona

Mega Putra Ratya - detikFinance
Rabu, 15 Apr 2020 14:20 WIB
Hutama Karya
Foto: dok Hutama Karya
Jakarta -

Sejak diumumkan pertama kali pada 2 Maret yang lalu, jumlah korban yang terinfeksi virus Corona (COVID-19) terus meningkat secara drastis. Hal tersebut membuat PT Hutama Karya (Persero) turut membantu memutus rantai penyebaran virus corona dengan melakukan berbagai tindakan preventif di seluruh cabang tol yang dioperasikannya.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan seluruh tindakan yang dilakukan oleh Hutama Karya bertujuan untuk menekan laju penularan virus corona yang sedang mewabah di Indonesia saat ini.

"Kami di Hutama Karya bersama-sama rapatkan barisan untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 ini, salah satunya dengan semaksimal mungkin melakukan berbagai tindakan pencegahan di berbagai ruas tol yang kami kelola," ujar Aries, Rabu (15/4/2020).

Lebih lanjut ia menyatakan meski tol yang dikelola masih tetap beroperasi, Hutama Karya menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi petugas tol dalam bekerja, mulai dari penggunaan masker, hingga memastikan implementasi physical distancing.

"Kami berharap agar kita semua dapat bersatu memerangi virus corona ini, serta menghimbau untuk tetap Di Rumah Aja dan menunda sementara keinginan untuk mudik demi kesehatan keluarga di rumah," tuturnya.

Hingga hari ini, Rabu (15/4), Hutama Karya telah menutup sementara fasilitas top-up tunai dan Mobile Reader (MR) hal ini bertujuan untuk meminimalisir interaksi secara langsung antara petugas dan pengguna jalan agar tidak menimbulkan potensi penyebaran virus corona. Selain itu, Hutama Karya juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh gerbang tol pada cabang tol yang dioperasikannya.

Sementara itu, pada Kamis (9/4) Hutama Karya cabang tol JORR-S berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan truk water cannon di sepanjang tol JORR-S. Hal serupa juga telah dilakukan terlebih dahulu oleh cabang tol Terpeka pada Selasa (31/3) di pintu masuk dan Rest Area Km 215.

Selain itu, pada Rabu (1/4) cabang tol Terpeka juga memberikan dukungan kepada Desa Gedung Sri Mulyo dengan membantu melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan satu unit kendaraan roda empat jenis Tangki milik Hutama Karya dan 18 unit manual sprayer milik masyarakat.

Cabang tol Hutama Karya lainnya yaitu cabang tol ATP memiliki cara sendiri dalam melawan penyebaran virus corona. Menggandeng dua instansi lainnya, pada Rabu (8/9), cabang tol ATP melaksanakan simulasi kecelakaan lalu lintas dengan penanganan yang dilengkapi alat pelindung diri (APD) di KM 54.100 A ruas tol JORR.

Di cabang tol Bakter, Hutama Karya juga berinisiatif menyediakan ruang isolasi sementara di Kantor Gerbang Tol (GT) Natar. Sementara di cabang tol Palindra, Hutama Karya melakukan pengecekan suhu pengguna jalan dan penyemprotan disinfektan, khususnya kendaraan yang berasal dari luar kota.

Adapun, setelah diterapkannya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta, Hutama Karya cabang tol JORR bersama dengan PJR juga aktif mengawasi penerapan PSBB dengan membuat check point yang berlokasi di Gerbang Tol (GT) Pasar Rebo mulai Jum'at (10/4) lalu guna memastikan penerapan PSBB di tol JORR-S berjalan dengan efektif.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)