5 Ruas Tol dan 1 Jembatan Siap Dilelang, Ini Daftarnya

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 30 Apr 2020 13:15 WIB
Sejumlah pengendara mobil melintasi jalan Tol Boyolali-Solo di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (27/4/2020). Mulainya pembatasan pemudik melalui jalur darat di beberapa daerah untuk memutus penyebaran virus COVID-19, arus jalan tol Boyolali-Solo dan menuju Ngawi atau sebaliknya terpantau lengang. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru saja menawarkan proyek ruas tol dan jembatan senilai Rp 80,5 triliun kepada swasta. Penawaran dibuka untuk enam proyek sekaligus dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Kementerian PUPR selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) atau Government Contracting Agency proyek KPBU menyelenggarakan market sounding dengan tujuan untuk menyampaikan informasi kepada para investor dan pemangku kepentingan terkait proyek-proyek KPBU yang akan dikerjasamakan," ujar Direktur Perumusan Kebijakan dan Evaluasi Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR Hery Trisaputra Zuna dalam acara market sounding, Kamis (30/4/2020).

Adapun enam proyek yang dimaksud meliputi jalan tol Semanan-Balaraja dengan nilai investasi Rp 15,5 triliun, jalan tol Cikunir-Ulunami dengan nilai investasi Rp 21,5 triliun, jalan tol Sentul Selatan-Karawang Barat dengan nilai investasi Rp 15,3 triliun, jalan tol akses Patimban dengan nilai investasi Rp 7,5 triliun, jalan tol Semarang Harbour Rp 11,7 triliun, dan Jembatan Batam-Bintan dengan nilai Rp 8,7 triliun.

Akan tetapi dari seluruh proyek tersebut baru 1 ruas tol yang siap dilelang, sisanya masih dalam tahap review dokumen bahkan ada yang baru sampai tahap penyusunan pra-studi kelaikan.

"Jalan tol Semanan-Balaraja saat ini dalam tahap siap dilelangkan. Sisanya masih dalam tahap review dokumen lelang yaitu jalan tol layang Cikunir-Ulujami, jalan tol Sentul Selatan- Karawang Barat, jalan tol akses Patimban dalam tahap penyusunan dokumen lelang, jalan tol Semarang Harbour dalam tahap evaluasi dokumen prastudi kelayakan, dan jembatan Batan-Bintan dalam tahap penyusunan pra studi kelaikan," paparnya.



Simak Video "Keterlaluan! Pria Ini Curi Puluhan Besi Pembatas Jalan Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)