Telan Rp 239 M, Sudah Sejauh Mana Penanganan Lumpur Lapindo?

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 09 Jun 2020 09:20 WIB
lumpur lapindo
Foto: Suparno
Jakarta -

Pemerintah menganggarkan dana Rp 239,7 miliar tahun ini khusus untuk penanganan lumpur Lapindo. Lalu sudah sejauh mana progresnya?

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menegaskan terus melakukan penanganan infrastruktur dan sosial di daerah terdampak semburan lumpur Sidoarjo. Anggaran untuk melakukan untuk penanganan tersebut pun sudah disiapkan.

Pada Tahun Anggaran 2020, Kementerian PUPR, melalui Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), mengalokasikan Rp 239,7 miliar untuk penanganan lumpur Sidoarjo dalam rangka meningkatkan pengaliran lumpur ke Kali Porong dan menjaga keandalan tanggul dan infrastruktur lainnya.

"Perhatian Pemerintah tidak berkurang untuk pengendalian lumpur Sidoarjo. Kementerian PUPR akan terus melanjutkan tugas dan fungsi yang prinsipnya tidak ada perbedaan dan memastikan penanganan kepada masyarakat yang terkena dampak dan masyarakat sekitar tetap menjadi prioritas," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dilansir dari situs Setkab, Senin (8/6/2020).

Kegiatan Pengendalian Lumpur Sidoarjo terdiri penanganan luapan lumpur, pembangunan tanggul dan infrastruktur lainnya serta pemeliharaan tanggul dan infrastruktur lain.

Ada beberapa cara yang dilakukan Kementerian PUPR mengatasi lumpur Lapindo. Baca halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "LIPI Nilai 5 Prioritas Pemerintahan Jokowi- Amin Tak Maksimal"
[Gambas:Video 20detik]