Terminal di Solo Bakal Dilengkapi Sport Center

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Jumat, 26 Jun 2020 18:40 WIB
Menhub Budi Karya menyatakan telah memberi izin kepada moda transpoertasi umum untuk beroperasi. Salah satunya Terminal Tirtonadi di Solo.
Foto: Agung Mardika
Solo -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan melengkapi fasilitas Terminal Tipe A Tirtonadi Solo dengan pusat olahraga. Proyek tersebut akan direalisasikan mulai bulan depan.

"Kita sudah mendesain satu desain yang baik di Tirtonadi. Nanti ada hall yang berkapasitas 2 ribu orang untuk olahraga, basket, lari, dan sebagainya," kata Budi Karya dalam kunjungannya di Solo, Jumat (26/6/2020).

Menurutnya, terminal tidak lagi hanya sebatas tempat transit penumpang. Terminal Tirtonadi juga diharapkan bisa menampung kegiatan anak muda, seperti olahraga dan seni.

Rencananya, fasilitas tersebut akan dibangun di lantai atas terminal. Selama ini lantai atas terminal masih belum dimanfaatkan secara optimal.

"Hall bisa dipakai untuk musik, pertandingan (olahraga). Jadi terminal bisa digunakan untuk kegiatan anak muda. Mulai bulan depan (dibangun)," ujarnya.

Adapun kunjungan Menhub ke Solo antara lain untuk mengecek kesiapan sarana prasarana transportasi antarmoda. Hal ini terkait dengan pengembangan Solo-Yogyakarta yang merupakan pendukung wisata Candi Borobudur.

Di Solo, Menhub meninjau Stasiun Balapan, Terminal Tirtonadi dan Bandara Internasional Adi Soemarmo yang kini ketiganya telah tersambung. Pemerintah juga tengah menghubungkan Solo dengan Yogyakarta International Airport (YIA) dengan jalur kereta api.

"Jalur kereta menghubungkan ke Yogyakarta sampai YIA selesai 2021. Sekarang yang dari Balapan sama Adi Soemarmo sudah ada, walaupun headway masih setengah jam, kita pastikan berjalan," ujar Menhub.



Simak Video "Menhub Akan Bangun Transportasi Umum Berintegrasi"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/dna)