Komisi VI DPR Singgung Proyek Fiktif, Ini Kata Waskita

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 17:00 WIB
Pekerja melakukan proses pembuatan Spun Pile dan Box Girder di Pabrik Waskita Beton Precast, Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/8/2016). Di pabrik yang seluas 15 ha memiliki kapasitas produksi 400.000 ton per tahun. Dipabrik ini diproduksi berbagai macam beton diantaranya Spun Pile, Box Girder, Concrete Barrier, PC-I Girder, Concrete Rail Way dan CCSP. Produksi dipabrik karawang ini didistibusikan untuk kebutuhan proyek tol becakayu, solo kertosono, giant sea wall, proyek jalan layang tendean cileduk dan lrt Palembang. Agung Pambudhy/Detikcom.
Waskita/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB Muhammad Toha menyinggung masalah proyek fiktif saat rapat dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Ia meminta penjelasan terkait hal tersebut.

Ia mulanya bercerita, dirinya sering mendengar kabar adanya pemeriksaan oleh sebuah lembaga.

"Kita lihat update di tiga huruf, lihat update tiap hari itu untuk Waskita, mohon maaf harus saya sampaikan meskipun ini baru semuanya, tiap hari diperiksa, Pak. Mohon saya pengin disampaikan itu masalah apa sih," katanya di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Dari informasi yang ia terima, pemeriksaan itu terkait proyek fiktif. Ia pun meminta penjelasan manajemen Waskita.

"Kalau saya lihat cerita katanya subkon atau pekerjaan-pekerjaan yang tidak dikerjakan, tidak ada pekerjaannya apa, fiktif," ujarnya.

"Mohon Waskita kalau boleh bisa dijelaskan tolong dijelaskan, kok tiap hari saya lihat dari update-nya tiga huruf itu, tiap hari," ujarnya.

Merespons hal itu, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono mengatakan, hal itu menjadi perhatian perusahaan agar tidak terulang lagi di tim yang baru.

"Untuk proyek-proyek pengadaan fiktif ini juga menjadikan atensi kami di tim yang baru untuk tidak terulang dan kami akan melakukan audit khusus, sosialisasi terkait dengan hal ini sehingga ke depan tidak terjadi lagi," ungkapnya.



Simak Video "Korupsi Proyek Fiktif PT Waskita Karya, KPK Tahan 5 Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)