Bikin Jokowi Geram, Ini Penyebab Proyek Tol Cisumdawu Mandek

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 14:46 WIB
Kementerian PUPR terus mempercepat pengerjaan proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat. Seperti apa penampakan terkini proyek itu?
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta -

Proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) di Jawa Barat yang terhambat membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram. Hambatan utama dari proyek ini adalah pembebasan lahan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) BAsuki Hadimuljono mengatakan, Jokowi telah menugaskan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebab masalah utama pembebasan lahan bukan hanya karena harga tapi juga permasalahan regulasi.

"Ini nanti Menteri ATR ditugaskan Bapak Presiden untuk menangani, karena bukan hanya masalah harga tapi juga ada masalah regulasi atau hukum. Karena semua masalah tanah adalah tanggung jawab dan kewenangan Menteri ATR," ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Basuki menjelaskan, proyek Tol Cisumdawu sendiri memiliki total panjang 60 km. Proyek ini dibagi menjadi 6 seksi.

untuk seksi 1 dan 2 merupakan porsi pemerintah dengan panjang 27,62 km. Progres pengadaan lahannya sudah 91,23% dan progres konstruksi sudah 81,6%.

Lalu untuk seksi 3 sepanjang 4,05 km dibangun oleh BUJT PT Citra Karya Jabar Tol. Seksi ini progres pengadaan lahannya sudah 99,76% dan progres konstruksinya sudah 95,76%.


Nah untuk seksi 4, 5 dan 6 yang juga dibangun oleh BUJT yang sama dengan panjang 29,17 km. Seksi ini lah yang progres pengadaan lahannya baru 9,24% dan progres konstruksi baru 5%.

"Kendalanya saya kira ini pembebasan lahan, kalau pendanaan oleh investor tidak ada masalah. Karena sudah ada dukungan pemerintah 27,6 km dari 60 km. Jadi tidak ada masalah pendanaan, hanya masalah pembebasan lahan," kata Basuki.

Meski begitu pemerintah menargetkan seluruh tol ini bisa beroperasi pada September 2021. Tol Cisumdawu ini juga nantinya akan mempermudah dan mempercepat masyarakat menuju Bandara Kertajati di Majalengka.



Simak Video "Proyek Tol Cisumdawu Mandek, Jokowi: Segera Selesaikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)