Mulai di Jateng, Tol Yogyakarta-Solo Dibangun November

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Jumat, 10 Jul 2020 22:00 WIB
Pengerjaan Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) terus dikebut. Rencananya tol ini akan diuji kelayakannya pada 3 Juni mendatang. Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) dikejar pengerjaannya agar bisa melayani masyarakat yang hendak mudik Lebaran tahun ini, Senin (25/5). Hasan Al Habshy/detikcom.
Foto: Hasan Al Habshy
Semarang -

Pembangunan tol Yogyakarta-Solo akan siap dikerjakan akhir tahun ini. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyebut bulan November 2020 pembangunan di Jawa Tengah akan dimulai.

Ganjar mengatakan informasi tersebut ia dapatkan dari PT Adhi Karya selaku kontraktor. Persiapan pembangunan sudah dilakukan lama dan sebenarnya siap dieksekusi.

"Tadi malam saya dapat laporan dari PT Adhi Karya, bahwa Jogja sudah siap. Jadi rencananya ruas yang Solo-Klaten akan dimulai dari Prambanan. Kalau Jateng sudah siap lama, kami sudah menyiapkan semuanya termasuk penlok (penetapan lokasi) juga sudah siap," kata Ganjar di kantornya, Jumat (10/7/2020).

Ia juga menyebut jalan tol Yogyakarta-Solo yang masuk proyek strategis nasional itu bisa segera terlaksana apalagi Yogyakarta juga sudah siap melakukan pembangunan.

"Koordinasi kami dengan Jogja sudah intens. Dengan kabar bahwa Jogja sudah siap, menurut saya lebih bagus. Tinggal segera dilakukan pengerjaan. Kami tentu akan memberikan bantuan apabila dibutuhkan," ujarnya.

"Sudah dilaporkan ke saya, November dilaksanakan. Tapi soal rentang waktu kapan selesainya, saya kurang hafal. Kalau tidak salah, dua tahun ya waktunya," imbuh Ganjar.

Sementara itu diberitakan sebelumnya, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah menjadwalkan untuk melakukan pemasangan patok di bidang yang sudah ditentukan untuk proyek tol Yogyakarta-Solo pada Agustus mendatang. Langkah pemasangan patok itu dilakukan setelah izin penetapan lokasi (IPL) diterbitkan oleh Gubernur DIY.

"Setelah IPL sudah ditandatangani oleh Gubernur, maka kami juga melaporkan ke Gubernur mulai pasang patok," kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno saat ditemui di aula lantai 3 Setda Kabupaten Sleman, Rabu (8/7/2020).



Simak Video "Minibus Tabrak Gapura Desa di Karanganyar, 2 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/dna)