Digarap Tahun Ini, Segini Biaya Bikin Terowongan Istiqlal-Katedral

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 22 Jul 2020 23:28 WIB
Petugas kebersihan melintas di depan pintu Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (5/4/2020). Pasca Kemenkes resmi merilis Peraturan Menteri Kesehatan No.9 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19, bentuk ibadah misa gereja dilakukan secara live streaming melalui media sosial, termasuk rangkaian ibadah paskah yang akan jatuh mulai Kamis (16/4/2020) hingga Minggu (19/4/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Masih ingat rencana pembangunan terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral? Sejak digagas pertama kali oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) , wacana pembangunan terowongan ini cukup menyedot perhatian publik.

Rencana awalnya terowongan itu akan dibangun Maret 2020, namun hingga kini belum terlaksana. Lantas, kapan terowongan tersebut mulai dibangun?

"Ya ini lagi mau dibikin," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (22/7/2020).

Basuki menjelaskan saat ini proses merancang desain terowongan sedang berjalan dengan beberapa alternatif desain.

"Ya bentuknya terowongan dengan eskalator, sedang kita desain menghubungkan itu ke bawah. Ada tiga alternatif sebetulnya, bisa penyeberangan tapi kan itu terlalu curam atau dengan yang lain, kita pilih yang lebih safe," tambahnya.

Soal target rampungnya terowongan tersebut, Basuki enggan banyak bicara. Namun, menegaskan, proses pembangunan bakal tetap terselenggara tahun ini.

"Tahun ini, tahun ini dikerjain," tutur Basuki.

Sementara itu untuk anggarannya, menurut Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga, pemerintah butuh sekitar Rp 40 miliar.

"Sekitar Rp 40 miliaran. Sedang kita selesaikan perencanaannya," terang Danis di lokasi yang sama.



Simak Video "Gereja Katedral Siapkan 3 Sesi Misa Malam Natal"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)