Idul Adha 2020, Lalu Lintas di Tol Trans Sumatera Meningkat 68,75%

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 03 Agu 2020 16:50 WIB
HK
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

Pada Hari Raya Idul Adha kemarin, PT Hutama Karya mencatat adanya peningkatan volume lalu lintas (VLL) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera hingga mencapai 68,75% dibandingkan volume kendaraan pada bulan Juli. Peningkatan ini diperkirakan akibat banyaknya pengguna jalan tol yang mudik dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan VLL kendaraan yang melintas di JTTS melalui GT Bakauheni Selatan mengalami peningkatan pada H-1 Idul Adha hingga mencapai total 7.626 kendaraan. Angka tersebut meningkat 3.107 kendaraan dibanding seminggu menjelang hari raya Idul Adha yaitu pada Jum'at (24/7/2020) di mana VLL nya hanya 4.519 kendaraan saja.

"Peningkatan VLL ini cukup signifikan dibandingkan dengan hari-hari normal di luar perayaan Idul Adha. Sementara itu, pada Minggu (2/8/2020) arus balik kendaraan yang keluar dari pintu keluar tol Bakauheni Selatan menuju ke arah Pelabuhan Bakauheni mengalami lonjakan VLL yang cukup drastis yakni mencapai 7.008 kendaraan dan mengalami kenaikan hingga 78,28 %, setelah sebelumnya hanya mencapai 3.931 kendaraan saja," tutur Aries dalam keterangan tertulis, Senin (3/8/2020).

Lebih lanjut ia juga mengatakan, meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol COVID-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelolanya.

"Kami mewajibkan seluruh petugas tol menggunakan masker, face shield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di Gerbang Tol, Gedung Kantor dan Rest Area," tambah Aries.

Hutama Karya juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, seperti memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melintas di jalan tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo uang elektronik, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya di mana di dalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo.

Selain itu pengguna juga diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, selalu berhati-hati dan tetap menjaga kecepatan berkendara maksimum di 100 km/jam, mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara di jalan tol dan berkendara dalam kondisi prima.



Simak Video "Hutama Karya Dapat Rp 3,5 Triliun dari Pemerintah, Untuk Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)