Turun MRT Bakal Bisa Langsung Masuk Monas, Begini Desain Stasiunnya

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 11 Agu 2020 16:55 WIB
Desain Akses Stasium MRT di Lapangan Monas
Foto: Desain Akses Stasium MRT di Lapangan Monas (Istimewa/MRT Jakarta)
Jakarta -

Pembangunan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) fase II sudah mulai berjalan. Proyek ini akan menyambung Bundaran HI hingga Kota Tua. Untuk menyambung lokasi-lokasi antara kedua ujung pemberhentian tersebut tentu juga membutuhkan stasiun MRT. Rencananya akan dibangun 2 stasiun untuk fase ini yakni stasiun Thamrin dan stasiun Monas.

Khusus stasiun Monas, salah satu pintu masuknya berada di dalam lapangan Monas itu sendiri. Bentuknya pun beda dari yang lain, namanya pintu masuk atau entrance tenggelam sebab dibangun di bawah tanah.

"Jadi itu entrance yang tenggelam begitu penumpang keluar dia bisa langsung melihat monas, sudah berada di dalam Monas," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (11/8/2020).

Rancangan pintu masuk stasiun Monas satu ini sengaja dibuat berbeda sebab menyesuaikan dengan lokasinya yang berada di dalam lapangan Monas tersebut.

"Intensi kita adalah menjadikan stasiun Monas ini menjadi desain yang iconic, jadi desainnya khusus mempertimbangkan nilai sejarah atau historical condition dari monas itu sendiri," ungkapnya.

Sedangkan pintu masuk stasiun Monas satunya lagi berada di Jalan Museum dekat Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dibangun serupa dengan rancangan pintu masuk stasiun MRT yang sudah ada.

"Entrance yang satunya lagi di Jalan Museum," tambahnya.



Simak Video "Akibat Corona, Proyek MRT Bundaran HI-Harmoni Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)