7 Proyek BUMN RI di Luar Negeri, dari Istana Presiden hingga Tol

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 12 Agu 2020 13:41 WIB
BUMN PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dipercaya pemerintah Aljzair membangun hunian di negara benua Afrika itu. Yuk intip proyeknya.
Foto: Wijaya Karya

4. Clarin Bridge Filipina

Sejak 2018 lalu, WIKA membangun konektivitas antara Provinsi Bohol ke Pulau Panglau yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Filipina melalui proyek Reconstruction of Clarin Bridge. Sebelumnya jembatan yang menghubungkan dua daerah tersebut sempat runtuh akibat gempa bumi pada 2013 silam. WIKA ditargetkan mampu merampungkan jembatan ini pada akhir tahun 2020.

5. Yangon Railway Upgrading dan Yangon Mandalay Circular Improvement Myanmar

Yangon Circular Railway Upgrading adalah proyek perdana WIKA di Myanmar. Proyek ini mulai dibangun pada tahun 2018 lalu setelah WIKA resmi digandeng oleh kontraktor terbesar Myanmar, Shwe Taung. Setelah hampir 2 tahun WIKA menggarap perbaikan rel kereta double track sepanjang 44 Km di kota Yangon, proyek ini ditargetkan mampu rampung pada Desember 2020.

Pada tahun 2019, WIKA digandeng oleh Tokyu Construction untuk bermitra pada proyek Yangon Mandalay Railway yang merupakan jalur kereta antarkota di Bago State yang dirancang dengan sistem double track sepanjang 60 Km. Proyek yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas transportasi ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2021 mendatang.

6. Soibada Bridge Timor Leste

Soibada Bridge adalah sebuah infrastruktur jembatan yang akan menghubungkan Desa Soibada ke jalan utama menuju Manatutu. Proyek yang ditargetkan akan selesai pada Desember 2020 ini akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat Timor Leste karena meningkatkan konektivitas sekaligus kapasitas kendaraan yang sebelumnya kerap menemui hambatan ketika air sungainya sedang pasang.

Selain Soibada Bridge, WIKA juga turut membangun PLTD (Pembangkir Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Timor Leste. WIKA juga membangun Comoro Bridge.

7. East-West Motorway Aljazair

WIKA juga terjun dalam pembangunan jalan tol canggih di Aljazair. East-West Motorway Aljazair yang merupakan proyek sipil terbesar di dunia pada saat itu.

Halaman


Simak Video "Jokowi Minta Akses Menuju Lumbung Pangan Segera Dikerjakan"
[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)