Anies Minta Tol Dalkot Ada Jalur Sepeda, Operator: Kita Dukung

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 26 Agu 2020 14:41 WIB
Tol Dalam Kota ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga alami penyesuaian tarif. Penyesuaian tarif itu berlaku bulan depan.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar menyisihkan sebagian jalur ruas tol sebagai jalur sepeda.

Berdasarkan surat yang diterima detikcom, Anies meminta Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat untuk jalur sepeda guna mengakomodir pengguna sepeda setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang menjadi pengelola tol tersebut, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) menyatakan telah menerima permohonan izin serupa dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Chief Executive Officer (CEO) CMNP Fitria Yusuf mengaku akan mendukung permohonan tersebut selama ditujukan demi kepentingan bersama.

"Idenya sudah pernah disampaikan dan memang menarik. Sebagai pengusaha jalan tol kita akan dukung yang terbaik untuk kepentingan bersama," kata Fitria kepada detikcom, Selasa (26/8/2020).

Terkait teknis dan implementasi dari rencana tersebut, pihaknya masih menunggu persetujuan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Untuk selebihnya apabila disetujui oleh BPJT maka kami siap mendukung. Kalau sudah ok nanti tinggal dibicarakan teknisnya aja," ungkapnya.

Berdasarkan surat yang diterima detikcom, permintaan ini dilayangkan mengingat tingginya pengguna sepeda di DKI Jakarta selama masa pandemi. Di samping itu, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan pembangunan jalur sepeda sepanjang 63 kilometer (km) yang berlokasi di 22 ruas jalan provinsi DKI Jakarta.



Simak Video "Anies Rencanakan Jalur Sepeda di Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)