Resmikan Bandara Kulon Progo, Jokowi: Terbaik di Indonesia Saat Ini

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Jumat, 28 Agu 2020 14:18 WIB
Bandara International Airport (YIA) di Kulon Progo telah membuka layanan penerbangan sejak Kamis (7/5). Namun penerbangan baru ada hari ini, dengan dua penerbangan.
Foto: Sayoto Ashwan
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari telah meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo. Jokowi menilai Bandara YIA merupakan bandara terbaik di Indonesia untuk saat ini.

Dia pun berterimakasih kepada PT PP selaku kontraktor, dan PT Angkasa Pura I selaku operator yang telah rampung mengerjakan bandara Kulon Progo.

"Terima kasih pada PP dan AP I yang sangat detail pengerjaannya, menurut saya ini yang terbaik, saat ini di Indonesia. Nggak tahu nanti ada bandara lebih baik lagi, nggak tahu," ujar Jokowi dalam peresmian Bandara Kulon Progo di Yogyakarta, seperti yang dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (28/8/2020).

Pujian ini dilempar Jokowi saat bicara soal desain arsitektur bandara. Jokowi mengaku terkesima dengan arsitektur bandara ini, dia memuji Gubernur DIY yang menurutnya ikut berperan dalam urusan estetika bandara Kulon Progo.

"Yang paling penting juga masalah arsitek. Nah ini beliau (Gubernur DIY) ternyata sangat detail dan sangat mumpuni urusan kearsitekturan di dalam tadi, interiornya. Semuanya melihat keahlian beliau, Bapak Gubernur ini sangat kelihatan sekali dalam desain arsitektur di Bandara Internasional Yogyakarta ini," kata Jokowi.

Dari keterangan Kementerian Perhubungan, desain terminal penumpang bandara Kulon Progo mengusung konsep kearifan lokal. Pengerjaannya melibatkan 46 seniman lokal DIY untuk membuat sederet artwork di bandara.

Mulai dari ornamen kepala kolom lantai 3 yang berbentuk Ronce Melati dan ornamen dinding berbentuk Bunga Wijaya Kusuma yang merupakan kearifan budaya Jawa, terutama Yogyakarta.

Bandara Kulon Progo sendiri memiliki terminal penumpang dengan luas sebesar 219.000 m2, yang dapat melayani 20 juta penumpang per tahun. Untuk fasilitas sisi udaranya, bandara ini memiliki runway dengan dimensi 3.250 m x 45 m dan dapat melayani pesawat terberat seperti Boeing B-777 dan pesawat terbesar seperti Airbus A380.

Hingga kini, bandara internasional ini sudah melayani 20 rute domestik dan 2 rute internasional yaitu Singapura dan Kuala Lumpur.



Simak Video "Jokowi Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila Secara Langsung"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)