ADVERTISEMENT

Berita Terpopuler Sepekan

9 Insiden Konstruksi Ambruk di Proyek Jalan Tol RI

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 30 Agu 2020 17:12 WIB
Cor beton proyek Tol Bogor Outer Ring Road (Tol BORR) ambruk ke jalan arteri. Akibatnya dua orang pekerja terluka karena kejadian tersebut.
Foto: Antara Foto/Arif Firmansyah.
Jakarta -

Kelanjutan pembangunan proyek Tol Cibitung-Cilincing bakal ditentukan ditentukan mulai pekan depan. Proyek tol ini sempat ambruk akibat adanya kecelakaan pada proses konstruksi saat melakukan pengecoran pada STA 31+128, Minggu (16/8) lalu.

Dua hari kemudian, proses pembangunan tol ini dihentikan sementara oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sampai waktu yang tak ditentukan.

Insiden ambruknya konstruksi tol Cibitung-Cilincing menambah daftar infrastruktur RI yang sering ambruk. Berikut deretan infrastruktur yang pernah ambruk di RI.

1. Tol Cibitung-Cilincing

Kecelakaan konstruksi terjadi pada proyek Tol Cibitung-Cilincing seksi 4. Ambruknya konstruksi terjadi saat melakukan pengecoran pada STA 31+128.

Plt. Sekretaris Perusahaan PT Waskita Beton Precast Tbk Ales Okta Pratama mengatakan pekerja yang terluka sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Para pekerja juga sudah diperbolehkan pulang.

2. Tol Bocimi

Salah satu proyek tol waskita ini ambruk pada 22 Semptember 2017, pukul 17.30 WIB. Jembatan tol Bocimi ini ambruk dan mengakibatkan satu pekerja bangunan tewas akibat tertimpa runtuhan cor beton badan jembatan. Beberapa korban lainnya mengalami luka-luka.

Penyebab runtuhnya jembatan diduga karena pada saat pelepasan selink crane, penguncinya belum sepenuhnya terpasang sehingga badan jembatan terjatuh dan menimpa tiga pekerja yang ada di bawah.

3. Tol Pasuruan-Probolinggo

Selanjutnya girder atau jembatan beton di proyek tol Pasuruan-Probolinggo, di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Konstruksi yang roboh lagi-lagi pada jembatan overpass yang terjadi pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 sekitar pukul 09.30 WIB.

Insiden ini menimbulkan korban seorang meninggal dunia, sedangkan dua pekerja terluka.

Buka halaman selanjutnya.

4. Tol Pemalang-Batang

Kejadian selanjutnya terjadi pada hari Sabtu, tanggal 30 Desember 2017. Kontruksi girder proyek Pembangunan Jalan Tol Pemalang-Batang ambruk.

Saat itu salah satu girder yang sudah berhasil ditaruh di atas bearing pad gagal bersandar ketika ditaruh di sisi lainnya. Alhasil beton girder jatuh. Namun tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

5. Tol Desari

Sebanyak enam girder tol Depok-Antasari (Desari) ambruk lantaran disenggol oleh eskavator yang sedang bekerja. Insiden ini terjadi pada pagi 2 Januari 2018. Ambruknya girder beton dari tol ini diperkirakan menelan kerugian hingga Rp 2 miliar.

Konstruksi ini juga ambruk kedua kalinya pada Oktober 2019. Kecelakaan terjadi di terowongan di wilayah Krukut, Limo, Depok. Insiden ini mengakibatkan 5 pekerja terluka.

6. Tol Manado-Bitung

Insiden terjadi di proyek Jalan tol Manado-Bitung yang mengakibatkan tiga orang tertimbun material bangunan. Insiden ini terjadi pada April 2018. Sementara disinyalir insiden ini terjadi lantaran kegagalan pemasangan box untuk overpass.

7. Tol Kali Kuto

Cross girder atau struktur baja pada jembatan Kali Kuto proyek tol Batang-Semarang ambruk. pada Jumat malam 13 Juli 2018. Tepatnya sekitar 21:30 WIB. Kejadian bermula saat crane yang mengangkut komponen penggantung permanen jembatan mengalami hentakan.

Saat proses pengangkutan, terjadi masalah pada crane. Ada hentakan selama beberapa detik, akhirnya tali pada crane (sling) putus. Akhirnya, 2 komponen cross girder dari total 20 jatuh ke area sungai di bawahnya.

8. Tol Becakayu

Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Cetakan atau bekisting untuk membuat pierhead atau kepala tiang pancang tol Bekayu ambruk di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, ada 20 Februari 2018.

Diduga, tiang tersebut roboh ketika pekerja tengah melakukan pengecoran di atas. Tiang penahan cetakan tersebut tidak kuat menahan beban kemudian ambruk dan menimpa pekerja di bawahnya dan membuat pekerja yang di atas terjatuh.

Korban luka akibat peristiwa tersebut tercatat sebanyak 7 orang dan mengalami luka yang cukup kritis.

9. Proyek BORR

Crane proyek pembangunan tol layang Bogor Out Ring Road (BORR) di Jalan Sholeh Iskandar Kota Bogor jatuh ke jalan raya. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Namun crane setinggi 8 meter tersebut nyaris menimpa mobil dan motor yang tengah melintas.

Menurut saksi mata, petugas security Universitas Terbuka (UT) Bogor, Suwandi peristiwa yang nyaris merenggut nyawa pengendara tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.



Simak Video "Tembus 206,65 Km, Ini Calon Jalan Tol Terpanjang di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT