Mengintip Laju Proyek Kereta Cepat JKT-BDG di Masa Pandemi

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 02 Sep 2020 10:41 WIB
Mengintip Laju Proyek Kereta Cepat JKT-BDG di Masa Pandemi
Foto: Anisa Indraini
Cikarang -

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) tetap berjalan di tengah pandemi Corona (COVID-19). Meskipun proyek itu sempat dihentikan sementara mulai 2 Maret 2020 lalu lantaran terkendala oleh pandemi Corona (COVID-19).

detikcom berkesempatan langsung untuk meninjau di casting yard 1 proyek kereta cepat JKT-BDG, di mana lokasinya ada di sisi KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat.

Hari ini dilakukan kegiatan peletakan girder di tiga lokasi casting yard yang berada di tiga titik sebagai tanda pencapaian progres proyek dalam merangkai seluruh trase kereta cepat JKT-BDG. Kumpulan girder telah tertumpuk rapi di lokasi dan siap dipasang.

Pier (tiang) juga telah terbangun dan berbaris rapi di sepanjang trase. Ada yang menggunakan single pier (tiang di tengah), ada juga yang menggunakan portal beam yang melintang di atas ramp jalan tol Cikarang.

Mengintip Laju Proyek Kereta Cepat JKT-BDG di Masa PandemiMengintip Laju Proyek Kereta Cepat JKT-BDG di Masa Pandemi Foto: Anisa Indraini

Dari sekitar 2.900 batang pier struktur elevated kereta cepat yang terbentang di sepanjang trase kereta cepat JKT-BDG, hampir setengah di antaranya dinilai telah tuntas dikonstruksikan. Selain di casting yard 1 yang terletak di Cikarang, proses instalasi girder ini juga dilakukan pada dua casting yard kereta cepat lainnya yakni di daerah Purwakarta dan Kabupaten Bandung.

Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra meninjau langsung peletakan girder yang dilaksanakan di casting yard 1. Dia datang ditemani oleh Direktur High Speed Railway Construction Consortium (HSRCC) Xiao Songxin, Direktur TOD & Legal KCIC Dwi Windarto, jajaran management KCIC, serta jajaran kontraktor KCJB lainnya.

Berdasarkan pantauan pukul 08.50 WIB, tampak pekerja tetap melanjutkan pembangun meskipun pekerja di lokasi juga sangat minim. Tampak terdapat kumpulan girder dan bekisting yang tertumpuk rapi di lokasi proyek.

Mengintip Laju Proyek Kereta Cepat JKT-BDG di Masa PandemiMengintip Laju Proyek Kereta Cepat JKT-BDG di Masa Pandemi Foto: Anisa Indraini

Seluruh pekerja dipastikan aman selama melakukan tugasnya mengebut proyek yang sudah mulai groundbreaking sejak 2016 lalu ini. Pekerjaan pembangunan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan proyek.

"Pembangunan proyek KCJB senantiasa mengedepankan faktor Safety, Security, Health and Environtment (SSHE) dan kualitas dalam pelaksanaan konstruksi untuk mewujudkan KCJB dengan kualitas terbaik sebagai kontribusi pembangunan infrastruktur transportasi Tanah Air," kata Chandra, Rabu (2/9/2020).



Simak Video "Capai 60%, Begini Progres Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)