Tarif Tol Pertama di Sulut Diperkirakan Rp 1.100/Km

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Selasa, 29 Sep 2020 21:37 WIB
Tol Manado-Bitung yang siap beroperasi
Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom: Tol Manado-Bitung
Manado -

Tol Pertama di Sulawesi Utara resmi beroperasi. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danuwudu sepanjang 26 km itu akan dikenakan tarif yang cukup murah.

"Untuk tarif (di Tol Manado-Bitung) ini Rp 1.100/km. Saya kira cukup murah ya," ujar Basuki ditemui di lokasi peresmian Gerbang Tol Manado, Sulawesi Utara, Senin (29/9/2020).

Kendati demikian penyesuasi tarif ini masih belum ditetapkan secara resmi. Namun Basuki berharap Tol baru ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya. Terlebih tol tersebut dirancang untuk bisa terintegrasi dengan kawasan Industri dan kawasan Pariwisata di Sulawesi Utara, sehingga mempercepat waktu tempuh dan mudah dijangkau.

"Harapan pemerintah, saya kira bisa dimanfaatkan jalan tol ini oleh masyarakat. Kalau tadi saya liat di Danauwudu itu kan sudah langsung terhubung KEK, jadi KEK nya harus diisi oleh pak Gubernur, diupayakan investasinya masuk," ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kehadiran jalan tol tersebut akan memberikan kemudahan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung yang merupakan salah satu dari pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian Timur.

Bahkan menurutnya jika seluruh ruas Tol sepanjang 40 km tersebut rampung maka akan memangkas waktu tempuh Manado-Bitung dari waktu tempuh rata-rata 1,5 jam menjadi setengah jam.

"Jalan tol ini terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata sehingga akses lebih mudah dijangkau. Biaya logistik dari Pelabuhan Bitung dapat ditekan, agar kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung juga dapat lebih maju, di mana ini juga tugasnya Gubernur," jelas Jokowi.

Sebagai informasi, mulai besok ruas tol baru ini akan dilakukan tapping pertama yang oleh Pjs Gubernur Sulut. Nantinya masyarakat bisa menjajal ruas tol baru ini secara gratis hingga dua minggu ke depan.



Simak Video "Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)